Dinas Kesehatan Gelar Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

PENCANANGAN PEMBERIAN OBAT MASSAL : AR/BS - Suasana saat pencanangan pemberian obat masal, pencegahan (POMP) filariasis tahap V (lima), di aula kantor Camat Katingan Hilir, Kamis (13/10/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan melalui UPTD Kecamatan Katingan Hilir Puskesmas Kasongan gelar pencanangan pemberian obat masal, pencegahan (POMP) filariasis tahap V (lima), di aula kantor Camat Katingan Hilir, Kamis (13/10/2019).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Robertus Pamuryanto, diwakilkan Kasi pencegahan dan penangulangan penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Lesi, dan dihadiri Camat Katingan Hilir Karyadie, Kepala UPTD Kecamatan Katingan Hilir Puskesmas Kasongan, Danramil 1013 Kasongan, Polsek Katingan Hilir, Lurah Kasongan, Kepala Desa, serta murid sekolah dasar Kasongan, dan tamu undangan yang hadir.

Kasi pencegahan dan penangulangan penyakit menular Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Lesi, mengatakan untuk pemberian obat masal pencegahan filariasis sudah masuk tahap ke 5 atau lima tahun.

Untuk kedepan menurutnya, tim dinas kesehatan dari pusat akan kembali melakukan survei ke kabupaten katingan untuk melakukan pengecekan kembali, apakah masyarakat sudah betul-betul minum obat filariasis selama 5 tahun berturut-turut.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Lantikan Damang Kepala Adat Katingan Hilir

“Nanti akan mereka lakukan survei, dan mengambil sampel darah. Apabila hasil sampel itu terdapat mikro filariasis lebih dari satu, maka kita akan ulang lagi selama dua tahun.Tetapi jika hasil mikro filariasisnya kurang dari satu, maka kita dinyatakan eliminasi atau penghilangan penyakit kaki gajah di Kabupaten Katingan,” tegas Lesi.

Lanjutnya menjelaskan, karena wilayah Kabupaten Katingan termasuk kabupaten yang endemis maka rawan di serang penderita penyakit kaki gajah. Pihaknya menghimbau untuk mencegah dengan meminum obat filariasis selama lima tahun berturut-turut.

“Penyakit filariasis ini disebabkan oleh gigitan nyamuk dan hampir semua nyamuk itu bisa mengigit, bisa menularkan ke orang yang sehat. Jadi pencegahannya itu melalui pemberantasan sarang nyamuk, mulailah hidup sehat, konsumsi makanan yang sehat, memakai kelambu saat tidur, dan memakai obat anti nyamuk,” ucapnya.

BACA JUGA:   Aktivitas Warga Kasongan Mulai Lumpuh Akibat Luapan Air Sungai

Sementara, Camat Katingan Hilir, Karyadie berharap penyakit ini dapat di turunkan serendah-rendahnya, sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat di Kabupaten Katingan, terutama di Wilayah UPTD Kecamatan Katingan Hllir Puskesmas Kasongan.

“Untuk itu saya mengajak seluruh warga masyarakat di wilayah UPTD Kecamatan Katingan Hllir Puskesmas Kasongan untuk datang ke Puskesmas – Puskesmas Pembantu. Tempat pelayanan eliminasi lainnya dan mintalah obat pencegahan filariasis yang sudah tersedia jangan hanya menunggu untuk dibagikan dan diantarkan obat pencegahan filariasis. Mulailah sehat dari diri sendiri,” singkatnya.

(ar/beritasampit.co.id)