DPR Periode 2019-2024 Konsisten Melanjutkan Pemantapan Pancasila

Suasana Pelantikan Anggota DPR RI Periode 2019-2024. Dok: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia konsisten melanjutkan perjuangannya untuk pembulatan dan pemantapan nilai-nilai Pancasila dan karakter kebangsaan.

Anggota DPR My Esti Wijayanti mengatakan pemantapan pancasila guna untuk mewujudkan generasi yang selalu menjaga persatuan, keberagaman dan harmoni kebhinekaan.

“DPR masih mempunyai tugas dalam menyelesaikan kurikulum pemantapan pancasila dan ideologi kebangsaan,” tutur Esti, Kamis, (3/10/2019).

Menurut Esti, pembahasan pemantapan nilai-nilai pancasila itu tentu akan melibatkan perguruan tinggi, akademisi dan tokoh masyarakat.

Untuk itu, politisi PDI Perjuangan itu berharap anggota DPR periode 2019-2024 yang berusia muda harus bersinergi dan bekerja sama dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk menuntaskan nilai Pancasila tersebut.

“Mungkin saya masih diizinkan Fraksi duduk di komisi X DPR, saya berharap pembahasan kurikulum pemantapan Pancasila itu segera terwujud. Karena kalau bicara Pancasila, disitu kita bicara karakter bangsa,” tandas Esti.

Sementara itu, Anggota DPR RI Andi Yuliani Paris berharap Rancangan Undang-undang kedepannya lebih melibatkan masyarakat untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam setiap proses pembahasan dan kajian masalah.

Sehingga, lanjut Andi, capaian legislasi dan kepastian hukum dalam berkeadilan sosial dapat terwujud.

“Kedepannya saya ingin mendorong masyarakat berpartisipasi sejak awal untuk mulai mengkritisi dan memberikan masukan terhadap RUU, karena partisipasi masyarakat itu sangat penting,” pungas Andi Yuliani Paris.

(dis/beritasampit.co.id)