Jokowi Siapkan Ratusan Jabatan Baru untuk Perwira TNI

Peringatan Hari Ulang Tahun TNI Ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta 5 Oktober 2019. Dok: Istimewa

JAKARTA— Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa saat ini pemerintah sedang menyusun rancangan peraturan untuk penambahan jabatan baru bagi ratusan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Jabatan baru itu diperuntukan untuk perwira berpangkat kolonel hingga perwira tinggi,” kata Jokowi dalam amanatnya saat memimpin upacara HUT ke-74 TNI, di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Pemerintah saat ini memang sedang melakukan harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi bagi perwira tinggi TN.

Kata Jokowi, hingga kini pemerintah telah menambahkan 60 jabatan untuk perwira tinggi TNI. Penambahan jabatan itu, guna untuk mengoptimalkan peran para prajurit TNI.

Selain itu, pemerintah juga terus menambah jumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) guna memenuhi target kekuatan pokok minimum atau minimum essensial forcer (MEF) tahap II.

“Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kemandirian industri pertahanan nasional,” tandas Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu menyebut kebijakan tersebut sesuai dengan yang amanat dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, serta meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme prajurit.

HUT TNI ke-74 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada 5 Oktober ini dengan mengusung tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’.

Dalam memimpin upacara tersebut, Presiden didampingi oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, beserta para kepala staf angkatan. Komadan upacara HUT TNI ke-74 ini adalah Asops Dankormar, Kolonel Mar Y Rudy Sulistyanto.

Selain presiden dan wakil presiden, hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Mochammad Iqbal, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Ma”ruf Amin beserta istri pun turut hadir dalam upacara HUT TNI tersebut.

(dis/beritasampit.co.id)