Windu Subagio : Data Penting Tunjang Kinerja OPD

Sosialisasi : ENN/BS - BupatiSukamara Windu Subagio saat membuka Sosialisasi Statistik Sektoral di aula Kantor Bupati, Selasa (8/10/2019).

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa data bagi instansi pemerintah memiliki fungsi penting bagi kinerja dan kelancaran kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Hal itu diungkapkan, Windu Subagio saat membuka Sosialisasi Statistik Sektoral di aula Kantor Bupati, Selasa (8/10/2019).

Statistik sektoral ini adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu yang merupakan tugas pokok instansi bersangkutan.

BACA JUGA:   DLH Sukamara Terus Upayakan Tingkatkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup 

Menurutnya, instansi pemerintah membutuhkan penyusunan data yang baik agar dapat membantu para pimpinan dalam mengambil kebijakan dalam menyusun rencana kegiatan.

“Dan juga data ini bisa digunakan untuk mengambil sebuah keputusan,” ujar Windu Subagio.

Windu menerangkan bahwa data yang baik dapat disusun dalam swbuah database atau basisdata yang memiliki arti penting dalam instansi agar dapat mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa tugas dan fungsi setiap instansi pemerintah dalam mencapai rencana strategisnya.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Targetkan Lima Siswa Dapatkan Beasiswa ke Luar Negeri 

“Manfaat lain yang diperoleh untuk mengetahui kecenderungan yang akan terjadi dimasa mendatang, menentukan prioritas sebagai acuan dalam evaluasi dan pengendalian kegiatan,” jelas Windu.

“Serta instansi juga bisa memperkirakan antisipasi terhadap resiko dan hambatan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan,” tukas Windu. (beritasampit.co.id)