Air Sungai Jelai Berubah Warna, Ikan di Keramba Mati Mendadak

Mati : ENN/BS - Banyak ikan di keramba warga Sukamara yang mati mendadak sejak air sungai Jelai berubah warna menjadi hijau dan bening.

SUKAMARA – Sungai Jelai yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Sukamara ditengarai mengalami penurunan kualitas, pasalnya air sungai jelai berubah warna hijau bening.

Perubahan warna air sungai juga diikuti dengan matinya sejumlah ikan tambak milik warga yang berada di sepanjang bantaran sungai Jelai.

Menurut Ahmad, salah seorang pemilik keramba, perubahan warna air menjadi bening terjadi dua hari lalu dan membuat ikan-ikan keramba banyak yang mati.

BACA JUGA:   Usai Terpilih, Ketua KNPI Sukamara Sambangi Bupati

“Memang kejadian seperti ini pernah terjadi, air jadi bening dan ikan mati,” kata Ahmad, Rabu (9/10/2019).

Semenyara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rendy Lesmana mengatakan bahwa kejadian ini bukan yang pertama terjadi di Sungai Jelai.

“Pernah terjadi pada 2015 dan 2017 pasca kebakaran hutan dan lahan,” ujar Rendy.

Mengetahui adanya perubahan warna air yang menyebabkan banyak ikan mati, DLH Sukamara langsung menerjunkan tim untuk melakukan investigasi.

BACA JUGA:   Berikut Upaya Pemkab Sukamara Turunkan Stunting

“Kami sudah menerjunkan tim untuk mengecek dan mengambil sample air sungai Jelai yang berubah warna,” kata Rendy.

Perubahan warna air Sungai Jelai di Sukamara membuat warga heboh, lantaran banyak ikan mati pasca oar berubah menjadi hijau dan bening. (beritasampit.co.id)

Previous articleTampil Memukau, Persekat Katingan Pesta Gol 6-0
Next articleKadis DLH Kotim Pilih Mundur Dari ASN