Klinik PT WNL Wakili Kalteng dalam Penghargaan Mitra Bakti Usaha

FOTO BERSAMA : Perwakilan Dinas Kesehatan Kalteng, Dinas Kesehatan Kotim, Camat Cempaga Hulu, Pimpinan perusahaan dan Tim Klinik Metro Pundu.

SAMPIT – Tiga orang penilai dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Dirjen Kesehatan Masyarakat yaitu dr Rusmiyati, MQIH, Hana Fajar Septanti, SKM dan dr Lenni Yusriaty mendatangi Klinik Metro Pundu PT Windu Nabatindo Lestari di Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur. Selasa, 8/09/2019

Kedatangan tim penilai ini disambut oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kalteng, Dinas Kesehatan Kotim, Camat Cempaga Hulu, Pimpinan perusahaan dan Tim Klinik Metro Pundu.

Adapun maksud dari tim Kemenkes ini adalah dalam rangka verifikasi terhadap Klinik perusahaan yang diusulkan untuk menerima penghargaan Mitra Bakti Usaha (MBH) tahun 2019.

Erdy Nana Muhidin dari Kinas Kesehatan Kotawaringin Timur menyampaikan bahwa Klinik Metro Pundu PT Windu Nabatindo Lestari ini merupakan salah satu Klinik perusahaan yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

Pemilihannya sendiri sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu dan sudah diverifikasi oleh Tim dari Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur dan Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya Camat Cempaga Hulu Ubaidillah SH, MSM mengatakan bahwa selama ini kerjasama antara pemerintah dengan pihak perusahaan berjalan dengan baik tidak terkecuali di bidang kesehatan.

BACA JUGA:   Wow..!! Sejarah Baru, Ini 20 Balon Bupati dan Wakil Kotim Mendaftar ke PDIP

“Untuk bidang kesehatan ini Klinik perusahaan lebih banyak berhubungan dengan Puskesmas Cempaga Hulu,” ujarnya.

Ditempat yang sama dr Rusmiyati, MQIH selaku ketua tim dari Kemenkes menyampaikan bahwa Klinik sebagai fasilitas kesehatan perusahaan harus bisa menjalin kerjasama yang sinergi dengan puskesmas.

Begitu juga sebaliknya puskesmas harus bisa memberikan support pada Klinik swasta yang sudah menjalankan upaya peningkatan kesehatan dan program kesehatan pemerintah.

“Kedatangan tim Ini hanyalah untuk memverifikasi proposal pengajuan dari Dinas Kesehatan Provinsi mengenai perusahaan yang menjalankan program Gerakan Pekerja Perempuan yang Sehat dan Produktif (GP2SP),” jelas Rusmiyati.

Zaenal Mustofa mewakili manajemen PT Windu Nabatindo Lestari dalam pengantarnya menyampaikan terima kasih atas diusulkannya Klinik perusahaan untuk mewakili Kalteng.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa menambah semangat kerja perusahaan dalam menjalankan program kesehatan terutama yang menyangkut kesehatan perempuan.

BACA JUGA:   Sejumlah Kios Masih Jarang Jual Foto Bingkai Jokowi Ma'ruf

“Kami pihak manajemen PT Windu Nabatindo Lestari berharap kehadirin klinik ini dapat membantu karyawan dan masyarakat sekitar. Karena sejak awal ini komitmen kami,” ungkap Zaenal.

Sedangkan untuk kegiatan verifikasi data dimulai dengan pengenalan dan presentasi singkat mengenai kegiatan dan program kesehatan yang dijalankan olek Klinik perusahaan oleh dr Eddy Waluyo selaku dokter perusahaan.

Untuk diketahui kegiatan Penghargaan Mitra Bakti Husada diberikan kepada perusahaan yang benar-benar memfasilitasi pekerja perempuan yang melaksanakan aktivitas kerja dan pekerja di perusahaan.

Beberapa hal yang terus dilakukan pihak perusahaan dalam pemenuhan jaminan kesehatan seperti kebutuhan usia subur/KB, persiapan pernikahan/vaksin TT, kebutuhan kesehatan reproduksi, pemeriksaan selama kehamilan, jaminan persalinan, layanan setelah melahirkan, serta beberapa kebijakan khusus dari perusahaan untuk ibu hamil, melahirkan dan menyusui termasuk keberadaan ruang ASI di fasilitas kesehatan.

Pada kesempatan ini tim dari Kemenkes melakukan verifikasi dilapangan berupa pengecekan dokumen, fasilitas kesehatan yang ada serta menengok kegiatan/aktifitas pekerja perempuan di perusahaan.

(Kawit/beritasampit)

Previous articleSampaikan Pesan Damai, Fordayak Bentangkan Belasan Spanduk di Bundaran Burung
Next articleJuara Pawai Karnaval Budaya Diumumkan, Pada Hari Sumpah Pemuda