PKS Kalteng Edukasi Warga Pasca Kabut Asap

PALANGKA RAYA – Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di beberapa tempat termasuk di Kalimantan Tengah beberapa waktu lalu, telah menyedot perhatian publik.

Pasalnya, asap pekat kebakaran ini tak hanya mengganggu aktivitas warga di sekitarnya, tetapi juga sangat berdampak bagi kesehatan warga.

Karena itulah Relawan PKS melakukan program pemulihan (recovery) bagi warga yang terdampak asap akibat karlahut di Kalimantan Tengah, Rabu 9 Oktober 2019.

Kegiatan pemulihan dan edukasi ini dilakukan di kelurahan Marang, Kota Palangka Raya yang dihadiri oleh tokoh pemuda Hari Mukti dan juga warga sekitar ibu-ibu dan anak-anak yang dianggap sangat rentan terhadap dampak asap karlahut.

BACA JUGA:   Dharma Wanita Provinsi Kalteng Gelar Pelatihan e-Reporting

“Edukasi kepada warga agar menjaga kondisi kesehatan dan menjelaskan dampak asap pekat bagi kesehatan akibat kebakaran lahan dan hutan (karlahut) yang tidak terkendali,” ujar Zainuri, Koordinator Program Relawan PKS Kalteng.

Pemulihan (Recovery) warga dengan melakukan check kesehatan dan pembagian paket makanan/minuman sehat bagi warga yang terdampak asap selama karlahut terjadi.

Menurut Zainuri, bahwa kepedulian ini adalah bagian dari program Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) PKS Kalteng yang berupaya membantu warga dalam mengatasi masalah terjadinya karlahut dan dampaknya bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Pasca Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Jokowi-Ma’ruf Amin, KMHDI Kalteng Gelar Diskusi

“Namun demikian kita semua patut bersyukur bahwa kondisi Kalimantan Tengah beberapa hari ini telah mengalami hujan dan turut meminimalisir terjadinya karlahut,” terang mantan aktifis HMI ini.

Menurut Zainuri bahwa saat ini yang juga perlu dilakukan kepada masyarakat dan semua pihak untuk menjaga agar tidak terjadi karlahut yang tidak terkendali di Kalimantan Tengah.(din)

Previous articleKematian Ikan Di Sungai Jelai Secara Massal Bukan Karena Limbah
Next articleVideo Pondasi Jembatan Kahayan Turun Hoax