Perangin Kemiskinan Melalui HPS

Serahkan Bantuan : ENN/BS - Bupati Sukamara Windu Subagio saat menyerahkan bantuan kepada ketua kelompok tani pada peringatan HPS ke 39, di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Kamis (10/10/2019).

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang diperingati setiap tahun dimaksudkan untuk memerangi kemiskinan, kelaparan, kerawanan pangan dan kekurangan gizi dengan penyediaan pangan yang cukup.

“Penyediaan pangan yang cukup ini harus melalui pengelolaan dan penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan,” ujar Windu Subagio pada puncak peringatan HPS di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Sukamara, Kamis (10/10/2019).

Windu menerangkan jika pemerintah daerah dan masyarakat harus berkomitmen untuk mewujudkan kehadiran pangan, salah satunya dengan optimalisasi pemanfaatan lahan rawa sebagai lahan sub-optimal untuk pertanian produktif.

“Untuk mengoptimalkan lahan tersebut maka penerapan teknologi pertanian dengan penggunaan sarana produksi, benih unggul yang toleran, pupuk serta pemanfaatan alat mesin pertanian ditingkat usaha tani harus selalu kita dampingi,” jelas Windu Subagio.

“Penyuluh pertanian lapangan juga diharapkan selalu berperan aktif dalam mendampingi petani demi terwujudnya peningkatan produksi di sektor pertanian,” lanjut Windu.

Windu juga menegaskan bahwa pentingnya koordinasi dinas terkait yang diharapkan dalam pengelolaan tata air. (beritasampit.co.id