PKS Kalteng Susur Pemukiman Warga

PALANGKA RAYA – Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimanran Tengan (Kalteng) menyusur pemukiman pinggiran sungai untuk memberikan layanan bantuan dan edukasi bagi warga tentang bahaya kebakaran lahan dan hutan (karlahut), Kamis 10 Oktober 2019.

Koordinator program bantuan Relawan PKS Kalteng, Abdullah mengatakan, informasi dari warga bahwa mereka perlu mendapatkan layanan check kesehatan dan makanan/minuman sehat untuk memulihkan kembali kondisi warga yang terkena dampak asap karlahut.

Sementara itu, Ketua DPC PKS Kecamatan Sabangau, Hari Purwanto mengatakan pemulihan dan edukasi dilakukan di pemukiman pinggir sungai Kelurahan Bereng Bengkel.

“Kegiatan dihadiri oleh 100 warga baik ibu-ibu maupun anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi kesehatan dan bahaya asap akibat karlahut di Kalimantan Tengah,” ujar Hari Purwanto.

“Meski saat ini bukan waktunya kampanye, justru PKS hadir ditengah masyarakat ketika masyarakat membutuhkan bantuan dan layanan akibat dampak asap karlahut,” ujar mantan Aktivis HMI ini.

Haryati, warga Kelurahan Bereng Bengkel Kota Palangka Raya menceritakan kondisi keluarga dan tetangganya yang terkena infeksi saluran pernafasan dan gangguan kesehatan lainnya akibat asap kebakaran lahan dan hutan dalam dua bulan terakhir.

Kata dia, yang sangat rentan gangguan kesehatan akibat asap karlahut yaitu pada anak-anak. dimulai dengan batuk-batuk, kemudian sesak nafas, dan gangguan kesehatan lainnya.(din)