Puluhan Pemuda Milenial di Kota Palangka Raya Belajar Jurnalistik

PALANGKA RAYA – Puluhan muda-mudi Kota Palangka Raya mengikuti pelatihan Jurnalistik. Para peserta yang didominasi para mahasiswa ini nampak antusias mengikuti pelatihan.

Kegiatan yang mengambil tema pemuda di era 4.0 ini merupakan upaya dalam rangka menjawab peran dan posisi pemuda dalam menghadapi pesatnya perkembangan teknologi diera digital yang membuat transformasi penyebaran informasi mengalir lebih cepat.

Kegitan ini dilaksanakan tiga lembaga yaitu, KNPI Provinsi Kalteng, Karang Taruna, dan Universitas Palangka Raya. Antusias para peserta bahkan berasal dari luar daerah untuk mengikuti kegiatan ini, Dua peserta berasal dari Seruyan.

“Minat para peserta hampir 100 orang yang mendaftar, tapi kita dari Panitia membatasi Kouta hanya 60 orang dan ini ada peserta jauh-jauh dari Seruyan,” diungkapkan Ketua Panitia Suprayitno, S.AN, MAP dalam sambutannya.

BACA JUGA:   PPKHI Kota Palangka Raya Temui Rektor UPR, Bahas Soal Ini?

Dosen UPR ini juga menjelaskan, para peserta diharapkan selain mendapatkan pengetahuan baru seputar jurnalis juga mampu menggali potensi dalam mengembangkan bakat tulis menulis.

“Gol akhir dari kegiatan kawan-kawan mampu mengembangkan potensi diri dalam hal tulis menulis,” harapnya.

Ditempat yang sama Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah Abdul Hafid menjelaskan, para aktivis pemuda harus mampu menjadikan Media sebagai aktualisasi aktifitas organisasi.

“Belajar Jurnalis selain teori kawan-kawan juga harus memulai menulis. Diera digital sekarang ini media memiliki peran penting dalam membangun opini dan brand aktifitas kawan-kawan,” ujar Hafid yang juga pendiri media beritasampit.co.id.

BACA JUGA:   MPAB XIX PC KMHDI Palangka Raya Konsisten Cetak Kader Hindu Berkualitas dan Berlandaskan Jati Diri Organisasi
Suasana pelatihan saat salah satu pemteri berinteraksi dengan peserta.
Suasana pelatihan saat salah satu pemteri berinteraksi dengan peserta.

Sejumlah pemateri dari praktisi jurnalis seperti Junaidi dari media cetak Kalteng Post, Akhiruddin dari media Online Beritasampit dan akademisi akan memberikan pemahaman kepada para peserta.

“Saya yakin kawan-kawan nanti akan mendapatkan pengetahuan seputar jurnalis dari para praktisi yang handal di bidangnya, saya nantikan alumnus pelatihan untuk bisa berkarya di dunia jurnalis,” harapnya.

(Kawit/beritasampit)