Industri Pariwisata Tulang Punggung Perekonomian

Paparan : ENN/BS - Pemaparan materi manajemen homestay yang dilaksanakan oleh Dinas Porapar Sukamara, Senin (14/10/2019).

SUKAMARA – Industri pariwisata dapat menjadi tulang punggung perekonomian jika dapat dikelola dengan baik.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Ahmad Zunani mengatakan bahwa masyarakat harus diberi pemahaman bahwa pariwisata dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan.

“Industri pariwisata selain dapat menjadi tulang punggung perekonomian, juga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraa,” ucap Ahmad Zunani usai membuka pelatihan manejemen homestay, Senin (15/10/2019).

Pengelolaan jasa akomodasi juga akan membuat industri pariwisata menjadi lebih hidup dan secara otomatis perekonomian masyarakat setempat terangkat.

“Sehingga semakin banyak orang-orang luar yang berminat untuk mengunjungi wisata kita, akan tumbuh homestay baru di lokasi wisata dan ini akan berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat yang berada disekitar desa wisata,” ujarnya.

Keberadaan homestay sangat strategis untuk mendukung pengembangan kawasan objek pariwisata yang ada di Kabupaten Sukamara, terutama untuk wisata yang ada diwilayah pesisir pantai.

“Sehingga pengembangan sarana dan prasarana dalam menunjang aksesibilitas dan fasilitas-fasilitas desa wisata sangat dibutuhkan,” tukasnya. (beritasampit.co.id)