Porapar Gelar Pelatihan Manajemen Homestay

Paparan : ENN/BS - Pemaparan materi manajemen homestay yang dilaksanakan oleh Dinas Porapar Sukamara, Senin (14/10/2019).

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Porapar) setempat menggelar pelatihan Manajemen homestay atau rumah wisata atau pondok wisata di Balai Pelatihan Guru (BPG) pada Senin (14/10/2019).

Kepala Dinas Porapar Sukamara, Ahmad Zunani yang mengatakan bahwa pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam pengelolaan homestay.

“Kita tahu bahwa di Sukamara memiliki beberapa lokasi wisata yang masih dalam pengembangan, pelatihan ini diadakan untuk melatih masyarakat bagaimana mengelola rumah wisata atau pondok wisata,” jelas Ahmad Zunani usai membuka pelatihan manajemen homestay.

BACA JUGA:   Diskeptan Sukamara Kembali Gelar Pasar Penyeimbang

Menurut Ahmad Zunani mengatakan bahwa pelatihan manajemen homestay diglar juga untuk memberdayakan kelompok sadar wisata yang telah dibentuk beberapa waktu lalu sebagai upaya untuk mempromosikan potensi wisata di Sukamara.

“Kita juga ingin memberdayakan para kelompok sadar wisata, selain itu kita juga ingin pemilik losmen di Sukamara paham bagaimana menjamu pengunjung agar mengetahuo dan tertarik mengunjungi lokasi wisata di Sukamara,” jelas Ahmad Zunani.

BACA JUGA:   Balai Pemasyarakatan Pangkalan Bun Lakukan Litmas ke 20 Warga Binaan Lapas Sukamara

Ahmad Zunani mengharapkan pengembangan potensi wisata di Sukamara bisa maksimal dengan adanya pelatihan homestay bagi para kelompok sadar wisata.

“Peserta yang terdiri dari kelompok sadar wisata dari Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci, pengelola hotel serta masyarakat umum di lokasi wisata diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini bisa menerapkan ilmu yang telah di dapat,” tukas Ahmad Zunani. (beritasampit.co.id)