Bupati Gembira Hasil Panen 3.29 Ton Padi Merah Diberi Nama Nurhidayah

Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah saat ikut memanen padi.

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Sebagai rasa terimakasih dari masyarakat Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sido Makmur Desa Barambai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kobar akhirnya padi merah hasil panen 3,29 ton diberinama Padi “Nurhidayah”.

Padi merah jenis padi lokal varietas unggul itu ditanam oleh seorang anggota Gakpotan bernama Yatno diatas lahan 1 hekat.

“Ditanam dilahan 1 hektar sebagai uji coba, dan saat di panen oleh Ibu Bupati bersama rombongan Bapak-bapak penjabat lainnya berhasil bagus menghasilkan 3,29 ton padi beras merah kering. Dan sebagai rasa terimakasih dari semua anggota Gapoktan padi beras merah itu diberi nama Nurhidayah,” ujar Hal Sadilan Ketua Gapoktan Sido Makmur.

Bupati Hj Nurhidayah setelah mendengar pemberian nama padi beras merah tersebut secara pribadi mengatakan bangga dan berterimakasih serta bersyukur.

”Mudah-mudahan padi beras merah kedepannya bisa menjadi padi unggul lokal di Kabupaten Kotawaringin Barat,” harap Nurhidayah usai memanen padi bersama perwakilan Forkopimda dan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar. Selasa (14/10/2019).

Bupati menyakini bahwa beras lokal ini mampu dikembangkan dan bersaing dengan beras-beras yang lainya

“Padi merah ini bila terus kita kembangkan berpotensi untuk menjadi ikon pertanian di Kobar, saya akan terus mendukung pengembangan jenis padi ini, dan bila perlu kita promosikan ke daerah lain,” ujar Nurhidayah.

Setelah 21 hari penyemaian padi beras merah varietas unggul lokal ini akan ditanam di atas lahan persawahan desa Berambai Makmur dengan luas lahan 142 hektar pada 21 hari maksimal setelah penyemaian.

Usai acara panen Bupati Hj Nurhidayah bersdama rombongan juga melakukan penyebaran bibit ikan di bendungan Berambai Makmur, dan berdialog dengan masyarakat Desa setempat.

(Man/beritasampit).