Peran Kelurga Penting Dalam Pendidikan

SOSIALISASI : IST/BS - Sekretaris Disdik Katingan Kapuas Rajab, beserta jajaran dan peserta sosialisasi saat foto bersama, di aula Disdik Katingan, Kamis (17/10/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama. Keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak merupakan suatu keharusan. Berbagai studi menunjukan bahwa keterlibatan keluarga dalam pendidikan dapat mendorong capaian prestasi belajar, dan penumbuhan karakter anak.

Demikian sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan Muhammad Hasrun yang diwakilkan Sekretarisnya Kapuas Rajab, saat membuka pelaksanaan sosialisasi Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Katingan Hilir, di aula Dinas Pendidikan setempat, Kamis (17/10/2019).

“Peran keluarga atau orang tua peserta didik dapat diwujudkan melalui penciptaan lingkungan yang kondusif bagi belajar anak. Anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika lingkungan sekitarnya mendukung,” ucapnya.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Akan Gelar Bazar Murah Ramadan 1445 Hijiriah

Kemudian. Keluarga, sekolah, dan masyarakat juga merupakan “tri sentra” dalam ekosistem pendidikan, yang sangat penting dan merupakan satu kesatuan dalam menjamin pertumbuhan, perkembangan, dan belajar anak secara optimal.

Dengan mengikuti sosialisasi ini diharapkan seluruh satuan pendidikan PAUD khususnya di Kecamatan Katingan Hilir dapat menerapkan pelibatan keluarga pada penyelenggaraan pendidikan.

Sehingga mampu mewujudkan kepedulian dan tanggungjawab bersama antara pendidikan di satuan pendidikan dengan orang tua murid atau masyarakat dalam bersama-sama membangun dan mensukseskan pendidikan anak di sekolah.

BACA JUGA:   Polisi Amankan Gerakan Pangan Murah Bulog Kanwil Kalteng

Dirinya menambahkan, atas nama pribadi dan pemerintah, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas edukasi, komitmen, dan segala ikhtiar yang telah dilakukan oleh pengiat pendidikan, para guru, dan tenaga kependidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perlu diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta terdiri 28 orang Kepala TK 12 orang Kepala KB. Untuk nasumber panitia menghadirkan dari BP PAUD Provinsi Kalimantan Tengah.

(ar/beritasampit)