973 Nelayan di Seruyan Terima Kartu Asuransi Nelayan

Foto : RDI/BS - Kapala Dinas Perikanan Seruyan Abu Hasan Asari saat menunjukan kartu jaminan ansuransi nelayan

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Sebanyak 973 Nelayan Seruyan menerima kartu Asuransi Nelayan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan sejak 2016-2019.

“Sejak 2016-2019 Nelayan yang menerima ansuransi tersebut berjumlah 973, dan di tahun ini berjumlah 93 Nelayan tersebar dibeberapa kecamatan yaitu, Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Cempaka Baru, Danau Sembuluh,” katanya di Kuala Pembuang, Sabtu (19/10/2019).

Bahkan sudah ada dua Nelayan yang pernah mengklaim kartu ansuransi tersebut. Jadi kartu ini bermenfaat untuk kesejahtraan nelayan karena apabila ada kecelakan saat melakukan aktivitas nelayan akan ada santunan yang diberikan pemerintah.

BACA JUGA:   Bupati Seruyan Akan Paparkan Tentang Kelapa Sawit Ramah Lingkungan di Forum Dunia

“Tidak hanya kecelakaan saat melakukan aktifitas nelayan saja tapi juga bisa diklaim saat keadaan sakit kemudian meninggal saat tidak aktifitas nelayan. Jadi kita seperti mempunyai kartu tersebut seperti ada jaminan,” ungkapnya.

Dengan program ini tentunya nelayan sangat senang, karena mendapat perhatian begitu besar dari pemerintah pusat.

Abdul Ghani salah satu Nelayan penerima kartu ansuransi tetsebut mengungkapkan memang sering khawatir saat melakukan aktivitas nelayan apalagi dengan kondisi cuaca dan gelomban tinggi. Namun resiko itu tetap diambil karena mencari ikan sebagai mata pencarian kami.

BACA JUGA:   Bidan Memiliki Peran Penting Mengisi Pembangunan

“Walaupun cuaca dan gelombang tinggi kami tetap melakuakan aktivitas karena memang mencari ikan yang hanya kami lakukan,”ungkapnya.

(rdi/beritasampit)