Dewan Soroti SOPD di Pulpis Dinilai Terlalu ‘Gemuk’

Edwin Mandala

Editor : Maulana Kawit

PULANG PISAU – Anggota DPRD Pulang Pisau Edwin Mandala menyoroti keberadaan SOPD di lingkup pemerintahan Pulpis yang dianggap terlalu gemuk. Saat ini ada sebanyak 35 dinas. Akibat banyaknya SOPD tersebut dikatakan Politisi Gerindra ini kerja dinas menjadi kurang efisien dalam melayani masyarakat yang jumlah penduduknya hanya sekitar 135 ribu jiwa.

“Penduduknya masih 135 ribu jiwa kok di dinasnya banyak. Jelas tidak efektif dan efisien, karena dampaknya akan kurang memperhatikan beban kerja. Kemudian akan terjadi pemborosan untuk anggaran operasional dan belanja. Hingga akhirnya kegiatan seperti Publikasi jadi tidak ada dananya,” ucapnya.

Dirinya membandingkan dengan Kota Malang dengan jumlah penduduk sekitar 895.387 jiwa yang asalnya ada 12 Dinas justru makin ramping dengan menjadi 6 Dinas.

Pulpis juga harusnya menurut Edwin bisa melakukan hal yang sama. Misalnya Dinas Pendidikan melebur dengan Bidang Kebudayaan. Atau Dinas Pariwisata bergabung dengan Dinas Olahraga serta di ikuti dinas lainnya.

“Harus berkurang dinas yang ada sekarang supaya anggaran tidak boros dan lebih efisien. Dewan siap mengawal, selanjutnya menunggu kebijakan Kepala Daerah saja,” tutup Edwin.

(pra/beritasampit)