Peringatan Dini BMKG, Waspada Angin Kencang di Kalimantan Tengah

Foto Ilustrasi/liputan6.com

PALANGKA RAYA-Peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG bahwa hari ini hingga Senin, 21 Oktober 2019 mendatang bakal terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah.

“Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Kotawaringin Barat, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya, Barito Utara, Barito Timur, Barito Selatan dan kota Palangka Raya,” mengutip bmkg.go.id, Sabtu (19/10/2019).

Kepada masyarakat yang beraktivitas di laut, terutama di wilayah perairan Selatan Kalimantan Tengah diimbau agar berhati-hati akan terjadi potensi gelombang tinggi. “Waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 1.25 – 2.50 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah,” kata BMKG.

BACA JUGA:   Inovasi Daerah Berperan Penting dalam Perkembangan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Pada hari Minggu besok hingga Senin depan, BMKG memperkirakan masih terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angun kencang di sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah serta gelimbang tinggi antara 1.25 – 2.50 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah.

“Hari Minggu, 20/10/2019, Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kab. Lamandau, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya dan Barito Utara. Waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 1.25 – 2.50 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah,” jelasnya.

BACA JUGA:   BMKG: Waspada Potensi Kemudahan Terjadi Karhutla

Sedangkan pada hari Senin, 21/10/2019 di wilayah Kabupaten Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Murung Raya dan Barito Utara akan terjadi potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang. “Waspada potensi tinggi gelombang berkisar antara 1.25 – 2.50 meter di wilayah Perairan Selatan Kalimantan Tengah,” tukas BMKG.

(gra/beritasampit.co.id)