Jangan Jual Bibit Ternak Bantuan Pemerintah

FOTO : Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Kardinal.

KUALA KURUN – Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Kardinal mengatakan, ribuan bibit pelbagai jenis ternak tahun ini bakal dibagikan kepada masyarakat.

“Bantuan tersebut diharapkan mampu meningkatkan populasi hewan, sehingga kebutuhan daging tidak lagi mengandalkan suplai dari luar daerah,” ungkapnya, Senin (21/10/2019).

Menurutnya, proses pelelangan sudah terlaksana dengan baik. Kini tinggal menunggu penyaluran bibit ternak kepada masyarakat penerima bantuan.

BACA JUGA:   Cegah Inflasi, Pemkab Gunung Mas Buka Pasar Penyeimbang di Beberapa Tempat

“Bantuan bibit ternak ini murni berasal dari dana aspirasi anggota DPRD Gunung Mas, seperti 3.000 ekor babi, 200 ekor sapi, lalu ada Kambing dan Ayam,” sebutnya.

Dirinya berharapan, masyarakat penerima bantuan serius dan telaten merawat hewan ternak sampai berkembang biak dengan baik.

“Kalau usahanya sudah berhasil, maka yang mendapat manfaatnya mereka juga. Makanya bantuan bibit ini jangan sedikit-sedikit mau dijual atau dikosumsi,” tegasnya.

BACA JUGA:   Puluhan Masyarakat Gunung Mas Ikuti Operasi Katarak Gratis

Berdasarkan hasil pemantauannya, usaha ternak babi di Gunung Mas sangat menjanjikan. Sebab permintaan pasar terhadap daging babi cukup besar, terutama mendekati Hari Raya Natal dan libur pergantian tahun.

“Karena masyarakat kita di Gunung Mas ini mayoritas bisa makan babi. Lalu permintaan ayam juga cukup tinggi, terutama ayam pedaging,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)