PKS Kalteng Inisiasi Gerakan Keluarga Menanam Pohon

TANAM - Ketua PKS Kalteng, Heru Hidayat saat menanam bibit pohon

PALANGKA RAYA – Pasca kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Kalimantan Tengah (Kalteng) mengakibatkan banyak pohon yang terbakar. Tentu saja kondisi ini memerlukan peran serta masyarakat untuk kembali melakukan upaya penghijauan lahan dan hutan dengan menanam pohon kembali.

“Penanaman pohon akan sangat baik dilakukan sepanjang waktu sebagai upaya penghijauan lahan dan hutan yang lestari di Kalimantan Tengah. Untuk itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Tengah mengajak seluruh kader, simpatisan dan keluarganya untuk melakukan ‘Gerakan Keluarga Menanam Pohon’ minimal sebanyak jumlah anggota dalam keluarga,” ujar Heru Hidayat selaku Ketua PKS Kalteng.

Menurut Heru, gerakan ini secara terpadu dilakukan dalam lingkungan keluarga para kader dan simpatisan PKS di Kalteng agar gerakan menjadi bagian dari upaya kepedulian dan penghijauan di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Kasus Dugaan Ujaran kebencian Terhadap Habib Berakhir Damai

“Sehingga saat menanam pohon bisa dilakukan secara bersama keluarga untuk membangun hubungan keluarga yang peduli lingkungan dan media edukasi bagi anggota keluarga akan pentingnya menanam pohon,” ujar mantan Anggota DPRD Kalteng ini.

Target awal gerakan ini kata Heru dimulai akhir bulan Oktober sampai Desember 2019 dan seterusnya secara serentak bagi semua keluarga baik itu kader dan simpatisan yang ada di Kalimantan Tengah akan melakukan penanaman pohon baik di kawasan pemukiman maupun di perkebunan.

Jika dalam satu keluarga minimal ada 4 orang dan yang terlibat ada 5.000 keluarga maka akan ada minimal 20.000 pohon yang akan ditanam. Dan pohon yang ditanam adalah pohon yang produktif bisa menghasilkan sehingga memiliki manfaat bagi keluarga dan masyarakat.

BACA JUGA:   Dharma Wanita Provinsi Kalteng Gelar Pelatihan e-Reporting

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap penghijauan dan kelestarian kawasan yang ada di Kalimantan Tengah, Heru berharap akan banyak pihak yang juga turut bahu membahu menggalakan upaya penanaman pohon.

‘Ingat! Dengan menanam berarti kita turut serta menjaga kelangsungan ekosistem, yang sangat berperan penting demi kelangsungan makhluk hidup dan lingkungan. Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan dengan gerakan menanam pohon mulai dari keluarga kita, merawat, dan memeliharanya,” ungkap pegiat relawan masyarakat ini. (Din)