Ribuan Warga Terima Bantuan BPNT dan PKH, Ini Besaran Uang Yang Diterima

Keterangan Foto : Put/Bs - Masyarakat saat mengantri menerima bantuan non tunai melalui ATM 

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar launching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan penyaluran tahapan Program Keluarga Harapan (PKH) bertempat di Gedung Serbaguna Sampit.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan dan mempercepat proses penyaluran bantuan sosial agar dapat segera dimanfaatkan oleh para keluarga yang menerima.

Demikian, diungkapkan Kepala Dinas Sosial Rusmiati, penyaluran bantuan berupa Non tunai akan disalurkan dengan cara mengirim kerekening masing-masing dan uang yang ada direkening akan digunakan membeli sembako di warung-warung yang sudah di tunjuk.

“Penerima BPNT masing-masing akan menerima uang sebesar Rp110.000 per KPM/bulan, bantuan tersebut tidak dapat diambil secara tunai tetapi hanya dapat ditukarkan dengan beras, telur dan sesuai dengan kebutuhannya di warung yang telah di tunjuk oleh Bank Mandiri,” tambahnya.

Sedangkan untuk PKH adalah penerima bantuan yang mempunyai komponen yaitu balita, ibu hamil, pelajar SD, SMP, SMA, disabilitas dan lanjut usia. Untuk jumlah besarannya sendiri berbeda yang paling sedikit yaitu pelajar SD akan menerima bantuan Rp900.000 /tahun sedangkan untuk yang lainnya akan menerima bantuan Rp2.400.000/tahun.

“Untuk PKH sendiri mempunyai 7 komponen dari 7 komponen itu hanya 4 komponen saja yang dapat di ambil. Total bantuan yang disalurkan terhitung dari bulan Oktober, November dan Desember 2019 sebesar Rp 8.115.575.000 apabila dijumlahkan seluruhnya dalam 1 tahun bantuan PKH ini Rp 29.665.325.000. Sedangkan untuk BPNT terhitung dari bulan September, Oktober, November dan Desember 2019 sebesar Rp 8.254.840.000 untuk 18.761 KPM,”akhirnya.

(Put/Beritasampit)