Dipastikan Aman, Pawang Buaya Disiapkan di Acara Mandi Safar

Keterangan Foto: Put/BS - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Fajrurrahman 

Editor: Maulana Kawit

SAMPIT– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng), akan menggelar tradisi mandi Safar pada hari Rabu (23/10/2019) yang dilaksanakan di Sungai Metaya.

“Sejumlah persiapan sudah kita lakukan untuk menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan tradisi mandi Safar ini, dan kita juga akan mendatangkan pawang buaya untuk melakukan antisipasi dari hewan buas tersebut,” ucap Kepala Dibudpar Fajrurrahman, Selasa (22/10/2019).

BACA JUGA:   BGA Gandeng DAD Gelar Penyuluhan Masalah Adat Kepada Karyawan

Fajrurrahman mengatakan, sejumlah persiapan dilakukan seperti menjaga keamanan sungai bersama dengan, Pol-Air, Basarnas, KSOP, Satpol PP dan pihaknya juga mengikut sertakan kapal-kapal yang berukuran sedang dari para nelayan yang ada di sekitar sungai.

Pihaknya menggandeng beberapa intansi terkait keamanan penyelenggaraan mandi Safar di sungai ataupun di darat. Selain itu, pihaknya juga menyewa klotok atau kapal untuk menghalau sekitar lokasi, misalnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan masyarakat bisa menaiki klotok tersebut.

BACA JUGA:   PANTAS Jalani Test Swab di RSUD Murjani, Siap Daftar ke KPU

Fajrurrahman berharap, dengan adanya rasa aman yang diberikan nanti bisa membuat masyarakat ataupun wisatawan untuk ikut meramaikan kegiatan tersebut.

“Saya berharap tradisi mandi Safar ini bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan-gangguan, saya juga berharap mandi Safar ini bisa lebih ramai dari pada tahun-tahun sebelumnya,” akhirnya.

(Put/Beritasampit)