DLH Gumas Gelar In House Trainning Susun KLHS

FOTO : DWI/BS - Staf ahli bupati, Salampak Haris ketika buka kegiatan in house trainning Kajian Lingkungan Hidup (KLHS) Kabupaten Gunung Mas di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Selasa (22/10/2019).

KUALA KURUN – In House Trainning penyusunan Kajian Lingkungan Hidup (KLHS) Kabupaten Gunung Mas, di GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Selasa (22/10/2019).

Staf ahli bupati, Salampak Haris ketika bacakan sambutan bupati Gunung Mas mengatakan bahwa penyusunan KLHS merupakan internalisasi kepentingan lingkungan hidup dan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam RPJMD Kabupaten Gunung Mas.

“Pembangunan yang cukup pesat di Kabupaten Gunung Mas memberi keuntungan dari segi ekonomi, namun dampaknya juga mengakibatkan kemorosotan kualitas lingkungan hidup dan persoalan sosial lainnya di masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:   Tak Lagi Terurus, Jembatan Kahat Bahayakan Pengguna Jalan

Terdapat dua pilar kepentingan lingkungan hidup dan prisip-prinsip pembangunan berkelanjutan, yaitu ekonomi dan lingkungan sangat penting dilakukan dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Tanpa data yang akurat dan kongkrit, maka penyusunan KLHS ini ditakutkan bakal melewatkan kegiatan di masing-masing SOPD,” tegasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gumas Ir. Kalvin A Sahay dalam laporannya mengatkan, kegiatan ini merupakan tahap lanjutan dari sekian banyak kegiatan penyusunan KLHS. KLHS ini dibiayai pada DPA SOPD Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Gunung Mas.

BACA JUGA:   Pemerintah Bakal Moderenisasi PKL di Taman Kota Kuala Kurun

“Kita mencoba menginventarisasi seluruh kegiatan dan peran aktif seluruh kepala perangkat daerah, karena dari sinilah berangkatnya nanti peran akti kepala SOPD dalam memberikan data. Sehingga data yang diberikan akan diintegrasikan didalam penyusunan KLHS dan RPJMD,” imbuhnya.

(adn/beritasampit)