Waspada! Penyakit DBD Jelang Musim Hujan

Ilustrasi

Editor: Maulana Kawit

SAMPIT – Memasuki musim penghujan yang akan mengguyur wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotim menghimbau pada masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk karena penyakit ini pasti bermunculan setiap tahunnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim, Bakhrudin menyebutkan bahwa saat ini sudah ada beberapa masyarakat di sejumlah puskemas di Kotim yang terkena penyakit DBD.

Untuk mengantisipasi ancaman penyakit DBD, maka masyarakat perlu melakukan tindakan pencegahan dengan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M+, yakni menutup semua tampungan air atau sumber air, menguras bak mandi, mendaur ulang barang bekas, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Bakhrudin meminta masyarakat untuk waspada dan segera melakukan pencegahan dini. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat jika anggota keluarga ada kondisi badannya yang panas dan deman tanpa disertai gejala sebelumnya. Segera di bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Masyarakat juga jangan salah kaprah dengan fogging atau pengasapan. Karena itu adalah langkah terakhir dari pengendalian penyakit yang disebabkan oleh nyamuk,” demikiannya

(jmy/beritasampit)