Memasuki Musim Hujan: Warga RT 03/RW 21 Gotong Royong Bersihkan Drainase

PALANGKA RAYA-Memasuki musim penghujan, sejumlah warga komplek perumahan nasional atau Perumnas di RT O3/RW 21, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakuan pembersihan drainase dan gorong-gorong.

Dengan dipimpin langsung oleh Ketua RT, Ibung B Gani dan Sekretaris RT, Anton, serta tokoh warga setempat yang secara gotong royong melakukan pemberisahan drainase dengan cara mengangkat endapan lumpur dan pasir dari dasar drainase.

Sebelum endapan lumpur tanah dan pasir serta sampah diangkat dari dalam drainase, air yang terkandung disedot menggunakan mesin pompa air untuk memastikan dasar drainase benar-benar bersih dari endapan lumpur tanah dan pasir.

BACA JUGA:   Demokrat Siapkan Junaidi untuk Maju di Pemilihan Wali Kota Palangka Raya

Sementara endapan lumpur tanah, pasir dan sampah yang berada didalam gorong-gorong depan pagar masuk rumah warga di semprot menggunakan mesin pompa air lalau diangkat kalau sudah keluar dari gorong-gorong.

Sedangkan siring drainase yang rusak diperbaiki secara swadaya. Seperti di Jalan Podang, siring drainase dengan cor beton yang rusak diperbaiki secara swadaya. Dimana semen dan pasir bantuan dari Ketua RT setempat.

BACA JUGA:   Pelanggaran Penggunaan Spektrum Frekuensi Mengedepankan Aspek Pengenaan Sanksi Administratif

Pantauan beritasampit, kegiatan tersebut telah berlangsung selama enam hari, terhitung sejak dimulai pembersihan, pada Minggu sampai dengan hari ini, Jumat (25/10/2019).

“Mungkin hanya satu-satunya di komplek perumahan RT 03/RW 21 yang terlihat jalan dan drainase yang bersih. Dibahu jalan, anatara pinggir aspal dengan siring parit disemen secara swadaya,” kata salah seorang warga setempat.

(gra/beritasampit.co.id)