Inovasi Daerah Berperan Penting dalam Perkembangan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Asisten II Setda Provinsi Kalteng, Nurul Edi.

PALANGKA RAYA – Keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan di tengah lingkungan global yang sangat dinamis dipengaruhi oleh ketepatan dalam merumuskan regulasi/kebijakan publik (public policy) baik ditingkat pusat maupun di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

“Dengan demikian maka dinamika yang berkembang tersebut diatas adalah merupakan peluang sekaligus tantangan bagi kita semuanya yang harus kita antisipasi yang wujudkan dalam dokumen rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah maupun rencana tahunan sehingga pembangunan Kalimantan Tengah di segala bidang dapat terselenggara dengan baik” ucap Asisten II Setda Provinsi Kalteng Nurul Edi, Senin (28/10/2019).

BACA JUGA:   Rapat Koordinasi TORA, Nuryakin Berharap Ada Rumusan Menata Kembali

Dia mengatakan bahwa dalam merespon peluang dan tantangan pembangunan yang bersifat lokal, regional maupun global tersebut, kita tidak dapat lagi melakukannya sebagai sebuah rutinitas (business as usual) melainkan harus dengan melakukan banyak inovasi dengan berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Memperhatikan hal tersebut, perlu adanya penekanan pada pentingnya perencanaan berbasis penelitian (research-based planning) dan inovasi dalam pelaksanaannya.

BACA JUGA:   Kemenag: Kalteng Belum Terlihat Hilal

Artinya setiap perencanaan pembangunan dan penyelengaraan pemerintah ke depan wajib berdasarkan pada hasil penelitian, pengembangan, dan inovasi, sehingga pengambilan keputusan strategis oleh pimpinan daerah dilakukan secara tepat dan bermanfaat sana bermakna bagi kepentingan publik.

Dengan demikian maka Inovasi Daerah merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah yang nantinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Provinsi Kalteng.

(apr/beritasampit.co.id)