Pemkab Sukamara Berencana Bangun Politeknik

Windu Subagio

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara telah melakukan kerjasama dengan Politeknik Negeri Pontianak untuk pendirian politeknik di daerah ini.

Bupati Sukamara, Windu Subagio mengatakan bahwa bahwa tujuan dari adalah untuk mempersiapkan SDM di Bumi Gawi Barinjam agar siap untuk bersaing.

“Berdasarkan data statistik dari Dinas Pendidikan anak SMA kita yang lulus setiap tahunnya itu mencapai ribuan,” ucap Windu Subagio, Senin (28/10/2019).

Menurut Windu, dari ribuan lulusan SMA sederajad hanya 20 persen anak yang melanjukan kuliah ke perguruan tinggi diluar daerah. Sebagian memilih untuk bekerja, baik sebagai tenaga kontrak maupun di perusahaan swasta.

“Kita ingin memberi solusi bagi anak-anak yang tidak punya kesempatan untuk kuliah diluar daerah, bagaimana caranya kita mempersiapkan SDM kedepannya, dan politeknik ini salah satu solusinya,” kata Windu.

“Saat ini tenaga kontrak kita itu mencapai 1.300, yang lulus sekolah setiap tahun sekitar 1.000 orang, belum lagi yang lulus kuliah,” lanjut Windu.

Windu menerangkan bahwa saat ini lulusan SMA sederajad akan mengalami kesulitan dalam persaingan mencari pekerjaan, apalagi bersaning untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil.

“Kita tahu lulusan SMA sekarang ini sudah sulit untuk mencari pekerjaan, apalagi untuk masuk pegawai negeri,” tegasnya.

Windu berharap dengan adanya rencana pendirian politeknik dapat menjawab tantangan ke depan, terutama mempersiapkan generasi yang berkualitas.

“Dengan politeknik ini kita memberi solisi bagi pelajar yang tidak mampu ke luar daerah cukup kuliah di sini,” tukas Windu. (beritasampit.co.id)