Pemprov Kalteng Gelar Rapat Diseminasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah

Pemprov Kalteng Gelar Rapat Diseminasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Rapat Diseminasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang dilaksanakan di aula Bappedalitbang setempat, Palangka Raya, pada Senin (28/10/2019).

Dalam sambutan Sekretaris Daerah yang dibacakan oleh Asisten II Nurul Edi disampaikan bahwa beberapa prinsip dasar yang harus dipertimbangkan pengembangan strategi inovasi daerah antara lain meliputi cara berpikir strategis dan konsisten dengan kerangka jangka panjang, Strategi Inovasi Daerah yang menjadi agenda prioritas daerah dan merupakan bagian integral dari strategi pembangunan daerah.

Stratregi inovasi daerah merupakan kebijakan strategis peningkatan daya saing daerah, berfokus pada potensi terbaik setempat dan terbuka pada ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi kemajuan daerah dan menetapkan tujuan yang jelas dan capaian yang rasional.

“Cara pandang ini memberikan sandaran dan kerangka kerja bagi kita secara sendiri maupun bersama tentang pentingnya pendekatan sistemik/holistik,” ucap Nurul Edi.

Lanjut Edy bahwa kemitraan dan sinergitas berbagai elemen sistem serta pentingnya peran pemerintah untuk menghasilkan koherensi berbagai kebijakan terkait yang biasa disebut dengan kebijakan inovasi.

Dengan demikian kegiatan Desiminasi Penguatan Sstem Inovasi Daerah (SlDa) Se-Kalimantan Tengah Tahun 2019 sangat penting untuk dilakukan agar secara bersama dapat menyamakan persepsi dan langkah-langkah strategis dalam rangka menyusun Road Map Sistem Inovasi Daerah
Daerah (SIDa) sebagai sebuah landasan dan acuan untuk perencanaan strategis pembangunan daerah yang berbasis inovasi di provinsi Kalteng.

(apr/beritasampit.co.id)