Sukseskan Program TMMD, DKPP Barsel Gelar Penyuluhan Pertanian dan Perkebunan

Kegiatan Penyuluhan Pertanian dan Perkebunan Satgas TMMD Reguler Ke-106 Kodim 1012/Btk di Desa Bintang Ara.

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Mensukseskan, program sasaran non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-106 wilayah Kodim 1012/Btk.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bekerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) TMMD menggelar Penyuluhan Pertanian dan Perkebunan.

Kegiatan ini sasarannya bagi masyarakat Desa Bintang Ara dan Malunggai Raya Kecamatan Gunung Bintang Awai (GBA). Selasa, (22/10/2019) lalu.

“Dalam pelaksanaan, kegiatan tersebut melibatkan tiga orang tenaga penyuluhan pertanian dari DKPPP Barsel dan Kecamatan GBA. Selain itu juga, melibatkan dua orang tenaga penyuluh dari Satgas TMMD,” kata Kepala DKPPP Barsel Ir Fajar kepada beritasampit.co.id. belum lama ini.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Menurut Kepala DKPPP Barsel ini, dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat Desa Bintang Ara dan Desa Malunggai Raya yang merupakan sasaran non fisik TMMD dalam hal pertanian dan perkebunan.

Dalam penyuluhan tersebut, lebih banyak diarahkan tentang perkebunan misalnya menggenai pengembangan buah coklat yang merupakan bantuan dari Provinsi.

“Apa yang kurang, disatu sisi TNI yang memberikan masukan kepada kami begitu juga sebaliknya kami juga memberikan masukan kita seperti saudara kandung dengan TNI,”terang Fajar.

Sementara itu Dan Satgas TMMD Reguler Ke-106 Kodim 1012/Btk Letkol Inf. Tuwadi mengatakan, penyuluhan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait bidang pertanian dan perkebunan.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Dalam penyuluhan tersebut, kita juga mendatangkan narasumber dari DKPPP Barsel, Pemerintah Kecamatan GBA serta narasumber dari Satgas TMMD,”jelasnya.

Lebih lanjut Tuwadi menambahkan, penyuluhan tersebut dilaksanakan sangat penting mengingat masyarakat Desa Bintang Ara dan Malunggai Raya pada umumnya bekerja sebagai petani dan penyadap karet.

“Yang diharapkan, hasil pertanian dan perkebunan masyarakat pada nantinya akan melimpah ruah sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat desa itu sendiri,”pungkas Tuwadi.

(ded/beritasampit)