Tantangan Kaum Muda Semakin Berat

FOTO : Ketua DPRD Gunung Mas, Akerman G. Sahidar.

KUALA KURUN – Ketua DPRD Gunung Mas, Akerman G. Sahidar menuturkan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 91 tahun 2019 harus menjadi tonggak baru para pemuda untuk memantapkan dan mengkonsolidasikan langkah-langkah terbaik dan nyata dalam membumikan nilai-nilai Pancasila.

“Peringatan hari ini mengingatkan kita kembali akan sejarah anak-anak bangsa pada 91 tahun silam. Kesadaran pemuda-pemudi bangsa yang melahirkan satu kesatuan pemikiran besar dan visi kebangsaan yang jauh melampaui zamannya, hingga bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya pada 1945, serta menjadi landasan bagi Indonesia masa depan yang akan kita songsong bersama,” ungkapnya, Senin (28/10/2019).

Era globalisasi saat ini ditandai dengan kecepatan dan kemudahan arus informasi dan komunikasi. Lompatan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi telah menembus batas-batas kedaulatan negara. Apa yang terjadi di belahan dunia di mana pun dengan seketika dapat kita ketahui.

“Arus informasi dan komunikasi yang semakin mudah dan terbuka memberikan banyak peluang bagi kemajuan bangsa. Tetapi pada saat yang bersamaan kemudahan arus informasi dan komunikasi juga membawa ancaman,” katanya.

Seperti ancaman terhadap ideologi Pancasila, ancaman terhadap nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, ancaman terhadap adab sopan santun, ancaman terhadap tradisi dan seni budaya serta ancaman terhadap warisan kearifan-kearifan lokal bangsa.

“Saya mengajak para pemuda berada di garda terdepan dalam membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu selalu menghadirkan nilai-nilai dan keutamaan Pancasila dalam praksis keseharian,” pungkasnya. (adn/beritasampit.co.id)