Baru 54 Sekolah Bisa Laksanakan UNBK di Kobar

Kabid Pembina SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat, Sunari

Editor : Maulana Kawit

PANGKALAN BUN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotawaringin Barat berupaya di tahun 2020 semua sekolah tingkat SMP/MTs bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Bidang Pembinaan SMP Sunari mengatakan jumlah murid yang mengikuti Ujian pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 4.373 murid yang tersebar di 73 sekolah se Kabupaten Kobar.

Tetapi di tahun ini baru 54 sekolah yang bisa melaksanakan UNBK karena keterbatasan sarana dan prasarana dan jaringan internet.

BACA JUGA:   Bakti Sosial Ramadan 1445 H, Ketua YKB Daerah Polda Kalteng Kunjungi  SLBN 2 Pangkalan Bun

“Dimana kami melaksanakan UNBK sudah dua tahun, pada tahun 2018 sebanyak 34 sekolah dan tahun 2019 ini sebanyak 54 sekolah,” kata Sunari, Jumat (1/11/2019).

Tahun sebelumnya, beberapa sekolah menggelarkan UNBK di sekolah masing-masing dan ada juga yang bergabung dengan sekolah lain.

Tahun 2019 ini tercatat 4.373 peserta ujian Nasional, kemudian ada sistem pinjam, jadi siswa bisa membawa laptop sendiri atas ijin orangtua, karena sebelum digunakan laptop tersebut dikarantina terlebih dahulu.

BACA JUGA:   Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary F Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap Mendapat Perhatian Khusus dari Pemkab Kobar

Pihaknya juga mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana UNBK. Pada tahun 2019 ini ada pengadaan 30 unit komputer dari APBD Kobar, selain itu juga ada bantuan dari pemerintah pusat.

“Untuk memenuhi 100 persen semua murid bisa mengikuti UNBK, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar tengah mengupayakan melibatkan pihak ketiga melalui dana CSR perusahaan bidang pendidikan, semoga di April 2020 Kobar bisa 100 persen melaksanakan UNBK,” ungkap Sunari.

(Man/beritasampit).