BMKG Barsel : Waspadai Cuaca Ekstrem Musim Penghujan

Editor : Maulana Kawit

BUNTOK – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyatakan, saat ini wilayah Barsel sudah memasuki masa peralihan musim yakni dari musim kemarau ke musim penghujan.

Kepala BMKG Kabupaten Barsel Musuhayana kepada beritasampit saat ditemui diruang kerjanya Jumat (1/11/2019) mengatakan, pada saat peralihan musim pada saat sekarang ini ada beberapa hal yang perlu diwaspadai.

“Yakni, akan potensi cuaca ekstrem seperti hujan yang terjadi tiba-tiba, petir dan angin kencang,” katanya.

Menurut Musuhayana, saat ini memang masih akhir dari fase musim kemarau hal tersebut sesuai dengan prediksi musim serta sesuai dengan perkiraan BMKG maka rata-rata wilayah di Kabupaten Barsel.

“Akan memasuki, awal musim hujan pada bulan Oktober pada dasarian ketiga,” jelasnya.

Lebih lanjut Musuhayana menambahkan, untuk menghindari resiko sambaran petir ada beberapa tips yakni yang pertama pertama segeralah masuk kedalam ruangan jika berada diluar.

Kedua, jika berada dikolam renang segeralah naik dan manjauh, ketiga jangan berlindung dibawah pohon.

“Tips keempat, jauhilah tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi dan mudah tersambar petir dan Kelima jangan berada disawah, lapangan atau tanah,”terangnya.

Sedangkan tips keenam, jika mengendarai motor segeralah berhenti dan cari tempat untuk berlindung.

Tips ketujuh, jika sedang berteduh diluar ruangan atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir,”pungkas Musuhayana.

(ded/beritasampit)