Perangkat Desa Dilatih Aplikasi Siskeudes

Pelatihan : ENN/BS - Aparatur desa di Sukamara mendapat pelatihan pengelolaan keuangan desa melalui sistem aplikasi Siskeudes versi 2.0.2.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara melalui Dinas Sosial PMDPP-PA menggelar pelatihan pengelolaan keuangan desa melalui sistem aplikasi Siskeudes versi 2.0.2 yang dilaksanakan di Aula Bappeda, Selasa (5/11/2019).

Kepala Dinas Sisoal PMDPP-PA Sukamara, Aji Nugraha mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan tersebut untuk memudahkan pemerintah desa dalam perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa berdasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

“Pelatihan ini diharapkan agar seluruh peserta yang mengikuti sehingga bisa mengimplementasikan dengan baik dan benar,” kata Aji usai membuka pelatihan pengelolaan keuangan desa.

Aji menerangkan bahwa pelatihan ini dapat menjadi pembelajaran bagi aparatur desa khususnya sekertaris desa selaku verifikator sehingga mampu mendorong implementasi aplikasi untuk mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

“Kita ingin desa mampu mengelola keuangan desa dengan baik, sehingga tidak ada lagi aparat desa yang tersandung masalah hukum karena laporan keuangan yang bermasalah,” tukas Aji Nugraha. (enn/beritasampit.co.id)