Tingkatkan Kompetensi Guru, FKIP UMP Gelar Seminar Nasional

SEMINAR - Sejumlah pemateri tampil dalam Seminar Nasional di Aula Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

PALANGKA RAYA – Peradaban yang maju tidak lepas dari peran seorang guru. Sehingga peningkatan kualitas guru adalah salah satu cara menuju Indonesia maju.

Seperti yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru diadakanlah Seminar Nasional Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) pada Senin (4/11/2019) kemarin.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) itu mengusung tema ‘Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0’ dan menghadirkan Prof. Dr. Satya Yuwana selaku Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu narasumber pada diskusi tersebut.

Bertempat di Aula Utama UMP, turut hadir Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag selaku tenaga pendidik dari Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan perwakilan dari Dewan Forum Rektor Indonesia sebagai narasumber lainnya.

“Anak-anak perlu pendidikan karakter begitupun gurunya juga perlu tau cara membuat jurnal yang benar itu seperti apa,” ujar Silfi Agustin selaku peserta kegiatan sekaligus guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya kepada beritasampit.co.id saat diwawancarai.

Diketahui antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini sangat tinggi. Itu dapat dilihat dari jumlah peserta kegiatan yang membludak hingga 480 peserta dari 200 peserta yang sebelumnya ditargetkan oleh panitia.

Materi kegiatan yang dibutuhkan oleh banyak pihak membuat peserta kegiatan kali ini bukan hanya berasal dari kalangan guru melainkan juga mahasiswa.

“Analisis jurnal itu saya rasa penting buat persiapan riset (penelitian) Di semester 7 nanti,” ungkap Lusia Susi salah satu mahasiswa yang juga menjadi peserta kegiatan.

Diketahui kegiatan seminar ini bertujuan untuk memajukan pendidikan yang ada di UMP agar selaras dengan tujuan Perserikatan Muhammadiyah yaitu sebagai gerakan tajdid (Pembaharuan) dalam segala aspek kehidupan.

“Tahun 2020 nanti ada tiga seminar nasional dan satunya internasional”, ujar Dr. Diplan, M.Pd selaku Dekan FKIP UMP kepada beritasampit.co.id menjelaskan.

Dia menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa Universitas di luar negeri, seperti China, Korea, Malaysia, Thailand dan India. “Temanya tetap agar konsisten, tujuannya untuk kemajuan pendidikan di Kalteng”, tutupnya. (Rda)