Bahaya Rokok, Dinkes Seruyan Kampanyekan Germas

Foto : (RDI/BS) - Kapala Dinas Kesehatan Mahdiniyansyah saat sambutan diacara kawasan sekolah tanpa asap

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan Sekolah bebas asap rokok. Hal tersebut untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa terhadap bahayanya rokok.

Kapala Dinas Kesehatan Mahdiniyansyah mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang ke tiga kalinya dilakukan, yang pertama Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Makan sayur dan buah-buahan dan yang ketiga kawasan tanpa rokok dilingkungan sekolah.

BACA JUGA:   SAKIP Raih Predikat B, Asisten III Setda Seruyan Apresiasi

“Karena anak sekolah ini adalah generasi penerus kita, karena banyak sekali anak sekolah yang mau mencoba-coba dan sudah memulai merokok,” katanya di Kuala Pembuang, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya, kalau dari awal tidak menekan itu maka nanti mereka bisa menjadi perokok berat. Artinya sasaran ini sangat tepat kepada anak-anak sekolah dasar karena merekalah generasi penerus bangsa ini.

Lanjut Mahdinyansyah, untuk terwujudnya ini diperlukan juga peran oleh orang tua untuk mengawasi anaknya untuk tidak merokok. Karena anak lebih banyak lebih banyak berada di rumah daripada di sekolah.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Terima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes

“Mudah-mudahan juga orang tuanya tidak merokok, sehingga lebih mudah memberikan contoh kepada anak-anaknya,” pungkasnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa berhenti merokok, walaupun itu berat tapi dampaknya terhadap kesehatan cukup besar seperti penyakit-penyakit kanker paru-paru kelainan jantung, sehingga perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan pengobatan.

(Rdi/beritasampit)