Cegah Sejak Dini Karhutla di Seruyan, ini Langkah Pemkab

Foto :(istimewa)-Wakil Bupati Seruyan Iswanti saat mengahadiri acara rapat evaluasi Karhutla

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten Seruyan akan melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak dini atau sebelum memasuki musim kemarau, sehingga dapat mengurangi terjadinya kebakaran lahan.

Wakil Bupati Seruyan Iswanti mengatakan akan memperkuat langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi Karhutla tahun 2020, upaya tersebut akan dilaksanakan sejak dini.

“Sesuai arahan dari Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, bahwa sejak bulan Januari 2020 untuk melakukan pencegahan jangan tunggu terjadi kebakaran baru mulai bergerak,”kata Wakil Bupati Seruyan Iswanti, di Kuala Pembuang, Rabu (6/11/2019).

BACA JUGA:   Optimalkan Pelayanan Hukum kepada Masyarakat, Pemkab Seruyan dan Pengadilan Negeri Sampit IB Tandatangani Kerja Sama

Untuk personil juga harus dimantapkan dan dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang memadai, serta mengoptimalkan keterlibatan masyarakat.

Kemudian, perlu adanya penetapan wilayah darurat bencana Karhutla secara tepat, mulai dari siaga darurat, tanggap darurat dan transisi darurat.

“Tentu untuk pencegahan ini bisa berjalan dengan baik perlu adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat, baik itu dari pemerintah, lembaga, masyarakat, media dan juga perguruan tinggi dan akademisi. Dengan saling sinergi pasti Karhutla nanti bisa dicegah secara dini,” pungkasnya

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Pantau Pelatihan E-Reviu di Inspektorat

(rdi/beritasampit)