Harga Emas Turun, Perhiasan Ini Yang Paling Laris

Ramai(BS/JUN) Harga emas perhiasan turun, sejumlah toko emas di Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit, terlihat ramai, Rabu (6/11/2019).  

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Transaksi jual beli perhiasan emas di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), meningkat diawal bulan November.

Menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berdampak signifikan terhadap perdagangan perhiasan emas di sejumlah toko emas disaat harga logam mulia ini mengalami tren penurunan harga.

Pantauan beritasampit.co.id, sejumlah toko emas di Pusat Perbelanjaan Mentaya Sampit, terlihat ramai.

“Setelah mengalami fluktuasi harga, sejak awal bulan kemarin pasaran cukup ramai. ada yang membeli, ada juga menjual perhiasannya,” ucap Darsani Pemilik toko emas Mitra Baru, Rabu (6/11/2019).

Sani mengakui, meski harga emas masih terbilang cukup tinggi, namun dengan terjadi penurunan harga pada dua pekan terakhir dan cenderung stabil atau belum adanya gejolak fluktuasi berarti sejak pertengahan oktober hingga memasuki bulan November, membuat traksaksi jual beli logam mulia ini meningkat.

“Kalau harga turun seperti sekarang ini yang banyak dicari pembeli perhiasan emas kadar 999 atau emas amerika. Kemarin waktu harga tinggi yang laris justru emas kadar paling rendah, seperti emas singapore (kadar 700) atau kadar 420,” terangnya.

BACA JUGA:   Frekuensi Penerbangan Bulan Oktober di Kalteng Naik 41,58 Persen Dibandingkan September

Bahkan, untuk memenuhi keinginan pelanggan disaat harga emas melonjak tinggi dirinya juga menyediakan emas dengan kadar rendah, yakni kadar 375.

Aktivitas jual beli yang kembali meningkat, lanjutnya banyak yang digunakan untuk keperluan pribadi sebagai perhiasan sehari-hari. Trend pembelian emas yang cenderung meningkat ini diakui mendongkrak omzet dengan perbandingan jual beli tercatat 55 persen membeli dan 45 persen menjual.

Diterangkan, harga jual kembali (buyback) untuk emas kadar 999 sekitar Rp15 ribu-Rp30 ribu per gram dari harga beli menurut kondisi fisik dan surat menyuratnya. Sedangkan untuk emas kadar emas dibawahnya antara Rp10 ribu-Rp15 ribu per gram.

Tercatat, harga emas perhiasan dengan kadar 999 (emas amerika) dibandrol Rp680 ribu per gram, kadar 750 (emas putih) bertengger dilevel Rp.590 ribu per gram dan kadar 700 (emas singapura) dijual Rp530 ribu per gramnya.

BACA JUGA:   Tanam Buah Melon Tumpang Sari Cabai, Kok Bisa?

Sedangkan untuk emas perhiasan dengan kadar paling rendah dan diakui tetap laris dan tidak terpengaruh dengan gejolak fluktuasi harga, yakni emas perhiasan dengan 420 yang dipatok Rp340 ribu per gram dan emas kadar 375 bertahan diharga Rp320 ribu per gram nya.

Sani menyebutkan, fluktuasi harga emas tidak terlepas dari issu dan terkait erat dengan perang dagang Amerika Serikat dan China atau dipengaruhi oleh kebijakan politik dunia.

Di saat perang dagang mereda maka harga emas cenderung turun, demikian juga sebaliknya jika memanas maka fluktuasi harga akan semakin tidak terbendung bahkan pernah mencapai harga tertinggi Rp700 ribu per gram di bulan September lalu.

(jun/beritasampit)