Komisi IX DPR: Revitalisasi Puskesmas Sebagai Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat

Anggota Komisi IX DPR RI Anggia Erma Rini. Dok: Istimewa

JAKARTA— Anggota Komisi IX DPR RI Anggia Erma Rini mendorong pemerintah agar perlu revitalisasi dan promosi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), serta prevensi problem kesehatan yang terjadi di masyarakat.

“Revitalisasi puskesmas itu juga penting untuk menekan lonjakan orang sakit yang datang berobat di setiap wilayah Indonesia,” tandas Anggia, Rabu, (6/11/2019).

BACA JUGA:   Dewan Kotim Sarankan Simpang Sebabi Menjadi Kelurahan

Politikus PKB itu bilang puskesmas merupakan ujung tombak kesehatan masyarakat. Untuk itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diminta mesti melakukan pendampingan, sekaligus menemukan formula yang tepat agar masyarakat sehat dan tidak perlu mengakses BPJS Kesehatan.

Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang Kesehatan per 1 Januari 2020 akan dinaikkan, kebijakan pemerintah tersebut untuk mengatasi defisit yang dialami BPJS Kesehatan saat ini.

BACA JUGA:   Mukhtarudin Dukung Jokowi yang Ingin Ketersediaan Harga Pangan Tetap Stabil Jelang Ramadhan

Namun, Anggia menyampaikan bahwa kenaikkan BPJS Kesehatan harusnya dikalkulasi dengan benar. Karena kenaikan tersebut dinilai belum tentu akan menutupi defisit.

“Kenaikan BPJS Kesehatan ini juga meresahkan dan membuat gaduh masyarakat di seluruh Indonesia,” pungkas Anggia Erma Rini.

(dis/beritasampit.co.id)