Yulhaidir Paparkan Potensi Seruyan dan Sawit di Forum Internasional

Foto: (istimewa)-Bupati Seruyan Yulhaidir menghadiri sekaligus sebagai pembicara pada The 17 Th Annual Roundtable Conference on Sustainable Palm Oil 2019, di Bangkok, Thailand

Editor : Maulana Kawit

KUALA PEMBUANG – Bupati Seruyan Yulhaidir menghadiri sekaligus sebagai pembicara pada The 17 Th Annual Roundtable Conference on Sustainable Palm Oil 2019, di Bangkok, bertempat di Thai Chitlada Ballroom. Selasa (6/11/2019).

“Dalam forum itu saya memperkenalkan Seruyan, kepada tamu undangan yang rata-rata dihadiri pihak luar Negeri, baik dari letak geografisnya serta potensi-potensi yang ada di kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir saat dihubungi.

Kemudian, disampaikannya mengenai penerapan sertifikasi yurisdiksi yang akan membawa Kabupaten Seruyan bertransisi ke arah pengelolaan kelapa sawit keberlanjutan.

Apalagi dengan kehadiran perusahaan besar kelapa sawit di Seruyan banyak menyerap tenaga kerja, sehingga sedikit banyaknya kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

“Perlu juga kami informasikan bahwa seluruh perkebunan di Seruyan memiliki High Consevation Value (HCV) dengan luasan 10 persen dari lahan bahkan ada yang lebih luas,” ungkapnya.

Namun, harga tandan buah sawit (TBS) ditingkat petani mengalami penurunan dan juga daya beli masyarakat turun ini sangat berdampak signifikan terhadap ekonomi dan daya beli masyarakat di daerah perkebunan kelapa sawit.

Ia menambahkan, dalam acara tersebut juga kita mendapat penghargaan Dua koperasi Swadaya Sawit di Seruyan mendapatkan Sertifikat RSPO atas usaha perkebunan sawit berkelanjutan. Semoga hal ini semakin membawa Seruyan semakin maju dan masyarakat semakin sejahtera.

(rdi/beritasampit)