Bawaslu Kotim Segera Buka Rekrutmen Panwascam, Ini Jumlah Yang Dicari ?

Keterangan Foto : MAN/BS - Ketua Bawaslu Kotim M Tohari

Editor : Maulana Kawit

SAMPIT – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) segera lakukan perekrutan Panwascam untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

Ketua Bawaslu Kotim M Tohari mengatakan pihaknya meminta tiap-tiap Kecamatan untuk bisa menginformasikan pengadaan rekrutmen pengawas di tingkat Kecamatan.

“Kita dalam waktu dekat akan turun dan berkerjasama dengan pihak kecamatan, untuk memberikan informasi tentang perekrutan pengawas di tingkat kecamatan, dimana per kecamatan yang kita cari ada 3 orang dan pendaftar minimal 6 orang per kecamatan,” katanya kepada beritasampit.co.id, Kamis (7/11/2019).

BACA JUGA:   Maju Pilkada Kotim, Arsyad Mundur dari Anggota Dewan?

Disamping itu, ia juga meminta di tiap-tiap kecamatan untuk melihat latar belakang yang harus sesuai dengan aturan. Yakni, bersih atau non partisan partai.

“Ada tambahan juga bahwa setiap yang mendaftar harus membuat surat pernyataan tidak ikut organisasi dan siap mundur dari organisasinya jika nanti terpilih menjadi panwascam, tentu ini akan kita pantau,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, jika pendaftar punya track record jelek ketika menjabat penyelenggara ataupun ketika bermasyarakat, akan dijadikan sebagai bahan Bawaslu dalam menilai kelayakan calon dimaksud.

BACA JUGA:   Politisi Golkar Ini Sebut Zam'an Miliki Jiwa Petarung

“Kami sangat berharap masyarakat turut serta menilai calon Panwas Kecamatan, karena akan menjadi penilaian juga bagi para calon,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya mengaku sedang menunggu Surat Edaran dari Bawaslu RI terkait perekrutan panitia pengawas kecamatan.

“Kemungkinan setelah ada acara Bawaslu RI dipusat nanti, surat edarannya keluar,” tutupnya.

(nam/beritasampit.co.id)