Wakil Bupati Katingan Buka Rakor Penanggulangan Kemiskinan

RAKOR PENANGGULANGAN KEMISKINAN : AR/BS -  Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang saat membuka Rakor Penanggulangan Kemiskinan, di aula kantor Bappelitbang Katingan, Kamis (7/11/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang membuka secara resmi rapat Koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah Kabupaten Katingan, di aula kantor Bappelitbang Katingan, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan rapat Koordinasi penanggulangan kemiskinan tersebut dihadiri Kepala Bappelitbang Katingan selaku panitia pelaksana, Wim Ngantung, Sejumlah SOPD, Camat Katingan Hilir, Kepala Desa, Lurah, Tokoh Masyarakat, Kepala BPJS Katingan dan undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana sekaligus Kepala Bappelitbang Katingan, Wim Ngantung, melaporkan tujuan kegiatan adalah membangun komitmen bersama untuk mendukung upaya penanggulangan kemiskinan secara kreatif dan inovatif dalam mengentaskan kemiskinan, menekan perimbangan dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya di Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Bupati Apresiasi Polres Katingan Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

“Kemudian, melakukan kolaborasi dan sinergitas serta melaksanakan berbagai program kegiatan yang dilaksanakan, serta masukan yang diharapkan mendurung proses pendanaan dan penganggaran yang efektif dalam pelaksanaan kegiatan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, definisi umum kemiskinan ini adalah kondisi dimana seseorang atau kelompok orang tidak mampu memenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat.

Hak-hak dasar itu di antaranya terpenuhi kebutuhan pangan, kemudian terpenuhinya kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam dan lingkungan hidup. Kemudian, terpenuhinya rasa aman dari perlakuan atau ancaman tindak kekerasan dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan sosial politik.

BACA JUGA:   Unit Sosbud Satintelkam Silaturahmi dan Imbau Karhutla Kepada Tomas di Samba Danum

Sementara, dalam sambutanya Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang menyampaikan melalui rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan mengajak pihak terkait untuk meningkatkan kepekaan, koordinasi dan kerja sama untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan.

Sehingga terjalin sinergisitas antar pemangku kepentingan yang berdampak pada penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Katingan.

“Karena, penanggulangan kemiskinan menjadi salah satu isu strategis yang tertuang dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD Kabupaten Katingan tahun 2018 – 2023,” ucapnya.

Konsep penanggulangan kemiskinan yaitu bagaimana upaya kita untuk menurunkan beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan produktifitas dari masyarakat miskin itu sendiri.

(ar/beritasampit)