Camat Karyadie Sarankan MUI Katingan Programkan Pelatihan Fardhu Kifayah Ke Sekokah-sekolah

PELATIHAN : AR/BS - Suasana Kegiatan pelatihan dibuka oleh Camat Katingan Hilir, di aula Masjid Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Sabtu (9/11/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Camat Katingan Hilir Karyadie membuka secara resmi kegiatan pelatihan Fardhu Kifayah Perempuan se Kecamatan Katingan Hilir, di aula Masjid Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Sabtu (9/11/2019).

Kegiatan yang di gagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Katingan tersebut diikuti peserta perempuan dari perwakilan setiap masjid, mushola, dan organisasi Nasyiatul Aisyiyah, Muslimat NU, Fatayat NU serta tamu undangan yang hadir.

“Pelatihan seperti ini mungkin pertama di kecamatan Katingan Hilir, kalau tidak salah untuk laki-laki sudah dari kementerian agama yang sudah melaksanakan,” ujar Karyadie.

Selain itu Karyadie berharap kepada MUI Kabupaten Katingan bisa melaksanakan kegiatan serupa ketingkat sekolah.

“Kita berharap kegiatan ini bisa ke setiap sekolah,” harapnya

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Daring

Alasan itu, menurutnya, karena dilihat yang mengikuti pelatihan ini pada umumnya yang sudah berpengalaman, mungkin pada saat ini untuk memberikan pendalaman lagi dan apa-apa saja kekurangan yang didapat pada pelatihan sebelumnya.

“Karena ini tugas yang sangat mulia dan jarang-jarang orang-orang ingin mau mengikuti kegiatan seperti ini. Contohnya saja, kita lihat sekarang ini orang yang mengikuti kegiatan ini orangnya itu-itu saja. Sekali lagi saya berpesan kepada MUI Kabupaten Katingan agar bisa dilakukan di sekolah-sekolah. Hal ini untuk memotivasi dan nanti bisa ada regenerasi atau penerusnya dari kamu muda muslim kedepannya,” singkatnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua MUI Kabupaten Katingan H Ahmad Mahjumi mengucapkan berterimaksih kepada Camat Katingan Hilir.

BACA JUGA:   Pj Bupati Katingan Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan di Kasongan

“Mudah-mudahan apa yang beliau sarankan, kami akan laksanakan. Karena program ini terus kami lanjut setiap tahunnya,” ucpanya.

Lanjutnya menjelaskan, pihaknya selalu memperhatikan tentang masalah kegiatan keagamaan di Kabupaten Katingan.

“Apa yang disampaikan oleh beliau agar di programkan pelatihan Fardhu Kifayah di sekolah-sekokah semoga bisa dilaksanakan MUI Katingan nantinya,” terang Mahjumi.

Perlu diketahui, apa yang dimaksud dengan Fardhu Kifayah adalah “Fardhu” itu merupakan kewajiban, “Kifayah” itu minimal satu orang yang tidak terlepas dari kewajiban yang mutlak kita kerjakan.

Salah satu contohnya, aktivitas yang tergolong Fardu Kifayah adalah seperti menyalatkan jenazah muslim.

(ar/beritasampit)