MUI Katingan Beri Pelatihan Fardhu Kifayah Bagi Perempuan

PELATIHAN : AR/BS - Suasana Kegiatan pelatihan dibuka oleh Camat Katingan Hilir, di aula Masjid Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Sabtu (9/11/2019).

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Katingan mengelar pelatihan Fardhu Kifayah Perempuan se Kecamatan Katingan Hilir, di aula Masjid Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Sabtu (9/11/2019).

Pelatihan ini di buka langsung oleh Camat Katingan Hilir Karyadie, Ketua MUI Katingan H Ahmad Mahjumi, dan peserta pelatihan Fardhu Kifayah Perempuan se Kecamatan Katingan Hilir, serta tamu undangan yang hadir.

Camat Katingan Hilir Karyadie, mengatakan menyambut dengan positif, kegiatan pelatihan Fardhu Kifayah Perempuan se Kecamatan Katingan Hilir, dan diikuti peserta yang sudah berpengalaman.

“Hanya saja saat ini perlu pendalaman atau mungkin ada kekurangan yang selama ini masih belum dipahami tentang yang dimaksud dengan Fardhu Kifayah. Sehingga dengan adanya pelatihan ini lebih bisa memahami kembali apa yang sesuai dengan Fardhu Kifayah bagi kaum perempuan,” terang Karyadie.

Sementara, MUI Kabupaten Katingan H Ahmad Mahjumi menjelaskan, apa yang dimaksud dengan Fardhu Kifayah adalah “Fardhu” itu merupakan kewajiban, “Kifayah” itu minimal satu orang yang tidak terlepas dari kewajiban yang mutlak dikerjakan sebagai umat muslim.

Salah satu contohnya, aktivitas yang tergolong Fardu Kifayah adalah mensalatkan jenazah muslim.

“Jadi mayat itu harus dimandikan yang utama, karena kami sebagai orang muslim harus melaksanakan sunah-sunah dari pada Rasulullah,” jelasnya.

Kegiatan ini, menurutnya tidak hanya di Kecamatan Hilir saja dilaksanakan, namun sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai program di berbagai wilayah kecamatan, seperti daerah Pegatan, Kamipang, Samba dan Kecamatan lainnya. Dan program ini akan terus berlanjut pada tahun berikutnya.

Ketua Panitia Pelaksana Jawidul mengatakan, pelatihan Fardhu Kifayah ini, diikuti peserta perwakilan perempuan dari berbagai masjid dan organisasi perempuan se Kecamatan Katingan Hilir, seperti dari Masjid Al-Ikhlas, Nurul Iman Muhammadiyah Kasongan, Ainul Yaqin Kasongan, Baitul Yaqin Kasongan, Al-Anshor, Al Mujahirin Kereng Pangi, Al-Gufron Kereng Humbang, Masjid Aulia Bukit Batu, Al-Hijrah, Masjid Banut Kalanaman, Masjid Talian Kereng, serta organisasi perempuan, Nasyatul Asyiyah, Muslimat NU, serta tamu undangan yang hadir.

“Semoga kegiatan ini bisa lancar sampai akhir. Apa yang didapat dari pelatihan ini bisa menambah wawasan, pemahaman dan ilmu yang baik untuk diterapkan atau dipraktekkan di masyarakat nantinya,” singkatnya.

(ar/beritasampit)