Kementerian Perhubungan Berikan Bantuan Kendaraan Operasional 15 Bus Ke Pemkab Katingan

BANTUAN OPERASIONAL : AR/BS -  Bupati Katingan Sakariyas, saat menerima Bantuan secara simbolis dari perwakilan Kementerian Perhubungan Ahmad Wahyudi, di halaman Kantor Setda Katingan, Senin (11/11/2019)

Editor : Maulana Kawit

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan menerima bantuan pinjam pakai 15 kendaraan operasional Bus dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Pusat.

Bantuan operasional bus tersebut digunakan untuk pelaksanaan kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), ke VI tingkat Kabupaten Katingan, di Tumbang Hiran, di Kecamatan Marikit, pada Selasa 12-16 November 2019.

Seremonial Penyerahan Bus tersebut diserahkan oleh Ahmad Wayudi selaku perwakilan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dari Pusat kepada Bupati Katingan Sakariyas, dihalaman kantor Setda Kabupaten Katingan, Senin (11/11/2019).

Turut Hadir, Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Sekretaris Daerah Katingan Drs Nikodemus, Ketua TP PKK Katingan Daurwaty Sakariyas, sejumlah Kepala SOPD Katingan, Camat Katingan Hilir, peserta Pesparawi, serta tamu undangan yang hadir.

Ahmad Wayudi selaku perwakilan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dari Pusat mengatakan, maksud dan tujuan pihaknya membantu kegiatan ini tidak lain adalah agar kegiatan dari sisi tranportasi darat Perparawi ke VI di Desa Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit dapat berjalan dengan sukses dan tercapai apa yang menjadi tujuan panitia kegiatan.

BACA JUGA:   Kodim 1019 Katingan Lakukan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial

15 Bus tersebut dperbantukan termasuk keperluan operasionalnya, seperti kebutuhan pengemudi, pembantu pengemudi, teknisi serta kebutuhan BBM-nya.

“Mereka ini juga menerapkan standar-standar Nasional sebagai driver angkutan besar, baik itu dari penampilan harus rapi. Kemudian tidak boleh mabuk, merokok selama membawa kendaraannya. Begitu juga harus menjaga kebersihan-kebersihan yang ada di luar dan didalam Bus,” terang Ahmad Wahyudi.

Pihaknya berharap bantuan ini juga sebagai trider, artinya ada hubungan emosional antara teman-teman Dinas Perhubungan dengan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

“Kebetulan di Provinsi Kalimantan Tengah ini ada perwakilan kantor kami, yaitu di terminal Bhayangkara Kota Palangka Raya. Kami berharap itu bisa dimanfaatkan walaupun, hari ini kepala balainya belum ditunjuk,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Katingan Sakariyas menjelaskan, bahwa di Kabupaten Katingan ini dulu memang ada dinas perhubungan, dan sekarang bergabung menjadi satu dengan Dinas PUPR Katingan.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Sosilalisasi Kompetisi Gagasan Inovatif 2024

“Saya berterimakasih, ini baru pertama kalinya Bus masuk desa, belum pernah Bus masuk desa. Jadi hari ini pertama kami masuk ke Kecamatan, masuk ke desa. Luar biasa ini,” terang Sakariyas.

Kemudian perjalanan dari Kota Kasongan ke lokasi kegiatan di desa Tumbang Hiran, Kecamatan Katingan Hilir kurang lebih 4 jam perjalanan.

“Saya titip salam kepada bapak direktur perhubungan dan kementerian perhubungan di Jakarta. Salam untuk mereka pak Ahmad Wahyudi., dan terimakasih atas bantuan dan dukungannya terhadap Kabupaten Katingan dalam rangka kegiatan Pesparawi ke VI tahun 2019 ini,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan kontingen Pesparawi Kecamatan Katingan Hilir oleh Bupati Katingan Sakariyas, didampingin Wakil Bupati Katingan Sunardi NT Litang serta Ahmad Wahyudi dari Kementerian Perhubungan melepasan langsung peserta untuk menuju kegiatan di desa Tumbang Hiran, Kecamatan Marikit.

(ar/beritasampit)