Katingan Rancang Tahura di Sanaman Mantikei

Wakil Bupati Katingan, Sunardi N.T Litang

Editor: Akhiruddin

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan merencanakan pembangunan Taman Hutan Raya (Tahura) di Kecamatan Sanaman Mantikei. Hal itu merupakan lanjutan dari kunjungan Pemkab Katingan ke lokasi pengembangan dan pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Lapak Jaru Kuala Kurun, Kamis (11/10/2019).

Kunjungan yabg dipimpin Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, bersama Sekretaris Daerah Katingan Nikodemus dan Asisten II Akhamad Rubama, disambut oleh Bupati Gunung Mas Jaya S Dohong.

Kunjungan tersebut dalam rangka belajar mengenai tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pengusulan pembangunan dan pengelolaan Tahura tersebut.

Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang mengatakan, kini Pemerintah Kabupaten Katingan telah merencanakan pembangunan Tahura di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei.

“Potensi di wilayah ini (Katingan, red) ada untuk pembangunan itu. Tempatnya di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei, daerah kawasan HPH. Di situ belum dikelola secara maksimal, dan masih asli hutannya,” kata Sunardi, kepada sejumlah wartawan baru-baru ini.

Sunardi menjelaskan, pemerintah daerah perlu membuat suatu kawasan menjadi Tahura. Karena ini dalam rangka menjaga hutan, untuk dilihat anak cucu di masa yang akan datang. “Jangan sampai hutan habis akibat perkembangan yang terjadi saat ini. Maka dari itulah perlunya pemerintah daerah menjaga kawasan hutan-hutan di Kabupaten Katingan,” katanya.

Luas lahan yang disediakan sekitar 140 hektare. Namun pemerintah daerah mengajukan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, sekitar 1000 hektare.

“Jadi kita perlu, dan wajib menyisihkan hutan kita, menjaga, dan memeliharanya dengan baik mulai saat ini. Sebab hutan yang kita canangkan ini masih terdapat habitat asli, baik flora maupun faunanya. Bahkan orang utan pun masih ada disitu. Termasuk binatang yang bisa dikatakan langka, dan saya sudah meninjau secara langsung kemarin ke lokasi itu,” jelas Sunardi.
(ar/beritasampit)