Ahmad Doli Kurnia: Kita Akan Evaluasi Proses Pilkada Langsung

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. Dok: beritasampit.co.id/Adista Pattisahusiwa

JAKARTA— Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia sepakat dengan usulan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar sistem pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) secara langsung perlu dievaluasi.

Doli mengatakan hal itu saat diskusi dialektika demokrasi ‘Akankah Pemilahan Kepala Daerah Dikembalikan Ke DPRD’ yang digelar di Gedung Nusantara III Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, (14/11/2019).

“Kami di Komisi II sepakat, nanti kita akan bahas atau melakukan proses penyempurnaan dan revisi Undang-undang terkait dengan sistem politik kita,” tutur Doli.

BACA JUGA:   Iuran BPJS Kesehatan Naik 100 Persen, Hery Susanto: Pemerintah Keterlaluan

Politikus Golkar itu menilai selama dua puluh tahun pasca reformasi, pelaksanaan dalam hal konteks kepemiluan selalu mengalami eksperimen trial and error atau (metode coba-coba).

“Jadi, saya kira sudah saatnya kita merumuskan uji coba-uji coba itu. Kan Indonesia punya sistem pemilu atau secara umum sistem politik yang kompatibel itu seperti apa,” tandas Doli.

BACA JUGA:   Komisi II DPR Minta Pemerintah Agar Suket Pilkada 2020 Segera Diatur

Untuk itu, Doli bilang Komisi II DPR RI dalam hal ini akan bertekad mulai melakukan proses evaluasi terkait pelaksanaan pilkada secara langsung tersebut.

“Kita akan evaluasi masalah kepemiluan kita, baik itu terhadap pelaksanaan Pilpres, Pileg maupun terhadap Pilkada langsung,” pungkas Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

(dis/beritasampit.co.id)