Akses Jalan Pendukung Utama Pengembangan Pariwisata

Pantai : ENN/BS - Salah satu lokasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Sukamara.

SUKAMARA – Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukamara, Ahmad Zunani mengatakan bahwa untuk mendukung berkembangnya pariwisata di Kabupaten Sukamara harus didukung seluruh komponen masyarakat.

Dukungan tersebut sangat diperlukan jika ingin pariwisata di Bumi Gawi Barinjam berkembang sehingga dapat memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi pariwisata.

“Semua komponen harus mendukung, terutama akses jalan harus didukung oleh pihak terkait,” ucap Ahmadi Zunani, Kamis (14/11/2019).

Selain sektor infrastruktur jalan atau akses menuju lokasi pariwisata yang harus baik, sektor pendukung lain juga bisa datang dari sektor pertanian dan perikanan.

“Dua sektor ini dapat saling mendukung untuk kegiatan dan pengembangan pariwisata di Sukamara, selain kunjungan wisatawan yang meningkat kesejahteraan masyarakat juga meningkat, ” jelas Ahmad Zunani.

Industri pariwisata bisa menjadi peluang bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha, membuka lapangan kerja yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyatakat.

Pemerintah pusat lanjut Ahmad Zunani, telah menetapkan skala prioritas pembangunan nasional, salah satunya adalah pariwisata yang juga selaras dengan visi misi Kabupaten Sukamara yang menempatkan sektor pariwisata sebagai unggulan pembangunan daerah.

“Jadi kita mengharapkan pemandu wisata kita benar-benar memiliki kompetansi dan standar SKKNI agar dapat memuaskan para wisatawan yang berkunjung,” tukas Ahmad Zunani.

(enn/beritasampit.co.id)