Komisi II DPR Minta Pemerintah Agar Suket Pilkada 2020 Segera Diatur

Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro. Dok: Istimewa

JAKARTA— Anggota Komisi II DPR RI Agung Widyantoro mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar segera selesaikan surat keterangan atau suket pengganti e-KTP sebagai salah satu syarat pemilih pada Pilkada tahun 2020 mendatang.

“Kan harus segera dituntaskan, karena selama ini penggunaan suket atau pengganti e-KTP masih menemui persoalan saat hari pemungutan suara,” kata Agung, Kamis, (14/11/2019).

BACA JUGA:   Fadli Zon: Tahun Ini Kita Dibayang-bayangi Hantu Resesi

Untuk itu, politikus Golkar meminta KPU dan Kemendagri perlu mengkaji kembali secara menyeluruh mengenai kesiapan penyelenggaraan pilkada 2020 yang berkaitan dengan perekaman data e-KTP sebagai syarat daftar pemilih tetap (DPT).

“Persoalan e-KTP ini akan selalu menjadi masalah. Alternatif adalah surat keterangan, ya harus dikaji kembali,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi II DPR RI Sukamto yang menyebut suket pengganti e-KTP juga masih menjadi sumber permasalahan manipulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

BACA JUGA:   Majelis Hakim Larang Koteka, Komarudin Watubun: Itu Simbol Adat Papua

“Saya menghimbau kepada pemerintah agar perekaman data e-KTP harus segera diselesaikan jelang Pilkada 2020. Karena e-KTP merupakan data kependudukan yang resmi dan syarat DPT,” pungkas politikus PKB itu.

(dis/beritasampit.co.id)