Pemandu Wisata Harus Penuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional

Pelatihan : ENN/BS - Pelatihan yang digelar Dinas Porapar untuk meningkatkan kualitas pemandu wisata di Sukamara.

SUKAMARA – Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukamara, Ahmad Zunani mengatakan bahwa dalam mengembangkan pariwisata harus didukung oleh pemandu wisata yang dituntut kualifikasi tinggi dan penguasaan terhadap bahasa serta pengetahuan luas yang tidak hanya terkait dengan kepariwisataan.

Hal itu diungkapkan Ahmad Zunani saat membuka pelatihan pemandu wisata buatan (Outbond Park) di Aula Balai Pelatihan Guru (BPG), Kamis (14/11/2019).

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

Ahmad Zunani menerangkan bahwa pelatihan tersebut selain untuk meningkatkan standar kompetensi pemandu wisata sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sektor pariwisata.

“Pelatihan ini juga untuk menghasilkan tenaga terampil pramuwisata yang memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dan teknik pemanduan wisata,” jelas Ahmad Zunani.

Pemerintah pusat lanjut Ahmad Zunani, telah menetapkan skala prioritas pembangunan nasional, salah satunya adalah pariwisata yang juga selaras dengan visi misi Kabupaten Sukamara yang menempatkan sektor pariwisata sebagai unggulan pembangunan daerah.

BACA JUGA:   Petani di Pesisir Sukamara Mulai Panen Padi

“Jadi kita mengharapkan pemandu wisata kita benar-benar memiliki kompetansi dan standar SKKNI agar dapat memuaskan para wisatawan yang berkunjung,” tukas Ahmad Zunani.

(enn/beritasampit.co.id)