Peralihan Musim: Waspada Terhadap Ancaman Penyakit

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA-Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K yunianto meminta kepada warga Kota Palangka raya mewaspadai dan mengantisipasi ancaman penyakit yang muncul saat pancaroba atau peralihan musim.

“Beberapa penyakit yang sering muncul saat peralihan musim, seperti malaria dan demam berdarah dengue (DBD),” jelasnya, Selasa (12/11/2019).

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi penyakit pancaroba itu dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Batuk dan pilek serta demam merupakan penyakit yang memiliki potensi paling tinggi dan dapat dicegah oleh masyarakat dengan menerapkan pola hidup bersih yang dimulai dari lingkungan rumah masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palanga Raya, Andjar Hari Purnomo juga meminta warga secara rutin bersama-sama dapat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, seperti parit atau selokan.

“Genangan air dapat menjadi sarang nyamuk yang bisa membawa penyakit DBD. Karena itu masyarakat harus rutin memantau dan memeriksa kondisi lingkungan sekitar rumahnya, seperti membuang genangan air di berbagai tempat, karena dapat menjadi sarang nyamuk yang berpotensi membawa penyakit DBD,” katanya.

(gra/beritasampit.co.id)

BACA JUGA:   Hujan Deras Sebabkan Kota Palangka Tergenang Air, Bahu Jembatan Retak dan Tiang Gardu PLN Ambruk