Timbunan Sampah di DAS Jelai Dorong Inovasi Pembuatan Batako Plastik

Batako Plastik : ENN/BS - Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi saat menggunakan batako plastik untuk bangunan TPS di Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara.

SUKAMARA – Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi menjelaskan bahwa banyaknya timbunan sampah di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Jelai buat pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (setempat) menetapkan RW 3 Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara sebagai kawasan program kampung iklim.

“Jadi sebagai upaya pengelolaan sampah Dinas DLH bersama masyarakat RW 3 kelurahan Padang telah ditetapkan sebagai kawasan program kampung iklim,” ujar Ahmadi, Jumat (15/11/2019).

BACA JUGA:   Peringatan HPSN 2024, DLH Sukamara Upayakan Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif

Menurut Ahmadi kampung iklim yang telah ditetapkan tersebut melakukan inovasi dengan memproduksi batako plastik.

“Inovasi batako plastik ini selain diharapkan mengurangi sampah plastik di DAS Jelai, juga dapat meningkatkan peran kawasan program iklim dalam mitigasi pencegahan perubahan iklim,” jelas Ahmadi.

Ahmadi menerangkan bahwa bahan dasar pembuatan batako plastik adalah pasir dan sampah plastik yang menggantikan fungsi semen.

BACA JUGA:   Pasokan Beras Di Kabupaten Sukamara Dipastikan Tetap Lancar Jelang Ramadan

“Produk batako plastik ini tidak kalah dengan batako berbahan semen, kuat dan tidak rapuh sehingga dapat digunakan dalam pembuatan bangunan,” tukas Ahmadi. (enn/beritasampit.co.id)